indonesiaku…


masih terngiang peristiwa tenggelamnya kapal senopati nusantara dan lavina I, ketika rekan saya dedhi menunjukkan sebuah berita di detik:

Jakarta – 15 Kapal roll on roll off (roro) di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni kembali beroperasi setelah sempat di-grounded. Lalu lintas di pelabuhan itu pun kembali lancar.
Tidak tampak lagi penumpukan kendaraan yang ingin menyeberang. “Sekarang sudah beroperasi semua. Sudah ada 15 kapal yang beroperasi,” kata Dirjen Perhubungan Laut Departemen Perhubungan, Harijogi, di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (10/4/2007).
Kapal-kapal roro itu dilarang beroperasi sejak 5 April 2007 karena tidak memenuhi kelaiklautan kapal. Namun setelah diperbaiki, semua kapal kembali diperbolehkan berlayar. “Pekan ini semua sudah beroperasi,” katanya.
Menurut Harijogi, penumpukan kendaraan tidak hanya disebabkan karena penghentian operasi kapal roro tapi juga karena libur panjang selama 3 hari.
Untuk antisipasi ke depan, Dephub akan mengoperasikan kapal roro cadangan.(ken/nrl)

ada beberapa fakta yang saya tebalkan dalam berita di atas:

  • ada 15 kapal yang di-grounded.
  • kapal grounded sejak tanggal 5 april 2007.
  • ada libur panjang selama 3 hari.
  • sekarang tanggal 10 april 2007.

semoga saja saya yang salah berhitung, dari fakta di atas berarti hanya dibutuhkan 1 hari untuk memperbaiki 15 kapal yang tidak laik laut.

,

11 responses to “indonesiaku…”

  1. “Bocor? Kagak kok pak, ini cuman lubang intip buat lihat taman laut”
    “Pelampung? Bapak ini mau nyebrang atau belajar berenang?”

  2. hehehee kalo ngompile kernel butuh waktu segitu make sense, nah kalo kapal kertas mungkin kali ya hahahahhaa…. katrok kata tukul hahahahaha negara aladdin semua serba sulap… pak bu bukan sulap bukan sihir selamat datang di negeri 1001 malam 😛

  3. Menurut teori konspirasi, dengan kecelakaan yg terjadi terutama di laut dan di udara, berarti penduduk jawa secara tidak langsung sedang dikepung dan dibuat tidak bisa bepergian kemana2. Ada apa ini ? Tanya kenapa ?

  4. yang diperbaiki-kan hanya sertifikat laik nglautnya saja om…jadi sehari saja cukup, sebelum libur panjang mungkin saja sudah jadi tuh sertifikat kelayakannya.
    kalo kapal roro-nya sendiri…gak yakin masih layak untuk diperbaiki, mending ganti yang baru.

  5. Dear,

    Menurut Harijogi, penumpukan kendaraan tidak hanya disebabkan karena penghentian operasi kapal roro tapi juga karena libur panjang selama 3 hari.

    Bukankah kalau libur itu berarti seharusnya armada transportasi dikerahkan secara maksimal? Benar-benar aneh…
    Salam.

  6. Kalau standar kelaikan laut utk kapal2 laut yang dipakai di Indonesia, apa sih? Yang dari luar atau bikin sendiri?
    Kayaknya standar kelaikan ini harus jelas dulu yang dipakai deh.
    (untung gw jarang naik kapal laut)

  7. Jadi begini…
    gw rasa, waktu kapalnya di grounded, si pemilik kapal langsung pasang iklan lowongan di koran atau di i-net, bahwa:
    dibutuhkan tenaga ahli profesional di bidang kelautan untuk dapat membuat kapal dapat beroperasi dengan baik.
    kemudian habis itu datanglah ribuan surat lamaran. nah karena semua pelamar diterima bekerja maka apabila pekerjaan perbaikan dikerjakan rame2 maka bisa diselesaikan dalam 1 hari.
    gampang kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *