mengubah aspect ratio MPEG4 avi tanpa re-encode


di rumah saya menggunakan TV widescreen untuk menayangkan film dan video dari WDTV. yang menjadi masalah adalah jika menemukan video dalam kontainer AVI yang mempunyai PAR (pixel aspect ratio) 1:1, karena di TV akan muncul blok hitam di sebelah kiri dan kanan, tanda bahwa video tersebut memang dibuat bukan untuk WS (wide screen). bicara AR, ada dua jenis AR, yaitu pixel AR (PAR) dan display AR (DAR). TV konvensional mempunyai DAR 4:3, sedangkan TV wide screen mempunyai DAR 16:9. sebuah video dengan resolusi 640×480 dan PAR 1:1 akan mempunyai DAR 4:3.
awalnya saya mencoba untuk re-encode dengan menggunakan ffmpeg, namun proses ini rumit, karena harus menghitung sendiri resolusi akhir yang diinginkan agar sesuai dengan AR 16:9, lalu karena saya memilih codec x264, dimensi tadi harus dalam kelipatan 16 pixel.
dari hasil pencarian, akhirnya saya menemukan MPEG4 Modifier. ada dua jenis, satu dengan GUI (graphical user interface), satu lagi CL (command line), dan keduanya menggunakan .NET, artinya ini adalah aplikasi yang berjalan di windows. untungnya ada Mono, sehingga bisa berjalan di Mac OS X (saya menggunakan fink untuk memunculkan mono) dan sepertinya sudah ada dalam instalasi standar ubuntu jaunty.
jika menggunakan versi GUI, pemakaiannya sangat mudah. jalankan MPEG4 Modifier (dari ubuntu: mono MPEG4Modifier.exe), pilih video yang ingin diubah, pilih DAR yang diinginkan, lalu klik Save.
mpeg4-modifier
sayangnya jika menggunakan versi CL, pilihan AR yang ada tidak selengkap versi GUI. dari hasil eksperimen, untuk mencapai DAR 16:9, saya harus memasukkan parameter custom PAR 227:169.
[sourcecode language=”bash”]
$ mono ~/mmcl.exe –par custom 227:169 05\ -\ The\ King\ of\ Omashu.avi 05\ -\ The\ King\ of\ Omashu.ws.avi
MPEG4 Modifier CL v1.4.4
http://www.moitah.net/
Loading: 100.0%
Saving: 100.0%
Video was written successfully.
[/sourcecode]

, ,

7 responses to “mengubah aspect ratio MPEG4 avi tanpa re-encode”

  1. Wah keren nih. Tanpa re-encode.
    O iya mas, mau tanya. Kenapa ya beberapa klip yang saya upload ke youtube, klipnya jadi “gepeng”? Padahal kalau disetel dikomputer, gambarnya normal-normal saja.
    Thanx ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *