jangan beli macbook

,

blackbookjangan beli macbook, jika:

  • masih berinternet menggunakan koneksi dial-up dan tidak mau membeli apple USB modem.
  • ingin mempergunakannya untuk presentasi namun tidak mau membeli tambahan kabel mini DVI to VGA.
  • ingin menggunakan adobe photoshop dan atau microsoft macoffice, tapi tidak mau menambah memori. baik photoshop maupun macoffice saat ini masih merupakan PPC binary, dan bisa jalan di macbook karena dibantu oleh rosetta, yang membutuhkan banyak memori agar aplikasi yang masih PPC binary bisa berjalan mulus.
  • berharap bisa menjalankan mac os x dan windows sekaligus dengan menggunakan parallels desktop tanpa menambah memori sampai maksimum.
  • dan tentu saja, jika tidak mampu membelinya.

adobe sudah merencanakan untuk membuat adobe creative suite 3 untuk macintel, juga ada yang bilang kalau macoffice juga akan dibuat versi macintel di tahun 2007 ini.


65 responses to “jangan beli macbook”

  1. endhoot Avatar

    ada yang warna merah ga, umganteng?

  2. iang Avatar

    bisa dipilox kok bun… *kabur*

  3. mbah dukun Avatar
    mbah dukun

    Jangan beli macbook kalau tidak tahu apa itu macbook.

  4. Apple MacBook

    Komputer ini bertenaga Intel Core Duo 1.83GHz, memori DDR 512MB, harddisk 60GB, layar LCD 13″, VGA 64MB, DVD-combo Superdrive, ethernet kelas gigabit, Firewire, USB2, Wifi Airport, Bluetooth, remote inframerah, webcam, berwarna putih bersih, sebe…

  5. lantip Avatar

    George Aditjondro pusing bukan kepalang melihat laptop dengan mouse ber-klik kiri kanan. Ini gimana makenya? katanya. Hihihi..
    semuanya berawal dari kebiasaan. kalau sudah terbiasa, tidak ada yang sulit, demikian juga sebaliknya. ๐Ÿ™‚
    *ganyambungadalahfitur*

  6. Oskar Syahbana Avatar

    Alesan ga valid! Hehehehe, gw bisa kok jalanin parallel di mac os (dengan XP-nya aktif) dan kalau virtual memory-nya di set ke 256MB, semua akan berjalan lancar-lancar aja kok (di mac-nya), kalau di windowsnya yah kayak make laptop ber-RAM 256 aja ๐Ÿ˜›

  7. Mario Avatar

    Themes-nya keren!..
    Salam kenal dan ini ada snapshot Office 2008 utk Mac
    http://hadiwinata.net/archives/2007/01/16/unofficial-office-2008-for-mac/

  8. tommy Avatar
    tommy

    om,, artikelnya bagus jg,,,

    hahaha,, berarti secara ga langsung udah ngeledek yg ga bisa pake macbook y??
    hwehwehwe…..

    aduh om,, mo tanya2 donk,, menurut om mending saya bli macbook pro 15″ atau 17″ y?
    saya bingung om,, memilih antara keduanya,

    makasih banyak om.

  9. co-that Avatar

    jangan beli macbook kalau looo bukan orang pinter hahahahhahahah *kaboor beli mac book baru trus pajang di blog*

  10. vanillasmile Avatar

    yang jelas sih jangan pake Mac kalo ga mau belajar! sebetulnya jangan pake PC juga kalo mau belajar. karena semua hal di dunia ini bisa dipelajari! Mac Book hanyalah yang termudah… banyak yang lebih sulit!

  11. iPod Lover Avatar
    iPod Lover

    Om Mw Beli MAcBook Yang Paleng Sederhana aq….tapi takut gk bisa pake,trus kalo mw instal game pc n software bajakan yang windows ada gk versi bajakan untuk mac???

  12. Jauhari Avatar

    Jika mas yaa? kalau MBP gimana mas?

  13. ferry Avatar
    ferry

    cara makenya gampang gak yah gw tertarik mo beli nih yang black wakhhhh kerenn…..

  14. Hannah Montana Avatar

    Macbook is great,,,just buy it, i am going to buy one anyway.
    _____________________________________________
    Macbook tuh bagus, beli saja,aku mau beli satu juga.

  15. -cva- Avatar
    -cva-

    ada yang mau ngasi gw macbook ga? ga perlu yang pro deh..yg biasa aja jg gw uda berterima kasih bgt..
    ya ya ya?? please!
    klo ngga ada yg mau beli laptop gw ga dengan harga 11 juta..udah core 2 lohh.. masi baru lagi..tp bkan apple..
    plis ya beli, biar gw bisa beli macbook..
    masa lo pada ga kasian sama gw yg udah berharap puya macbook??

  16. -cva- Avatar
    -cva-

    belilah laptop gw yang bagus ini!!
    kalo ada yang berminat, silakan bales komen ini..dan dengan sangat snang hati gw akan menjualnya masi bagus kog suer deh..ga boong! yang beli bakal gw doa in deh biar hidup bahagia selalu dan diberkati, sehat, panjang umur, dll..

  17. […] 6, 2007 oleh ryosaeba saya adalah pengguna macbook hitam generasi pertama, yang masih menggunakan prosesor intel core duo dan bersistem operasi tiger. […]

  18. cute macbook Avatar
    cute macbook

    hare gini pake pc? gw pake mac dari jamannya lc475 sampe macbook leopard. keren abiss! kasian sama yang blum pernah pake

  19. Buntat_Keju Avatar
    Buntat_Keju

    keren koko pake macbook, soal tambahan aksesoris kayaknya se-pahala ama kerennya hahaha

  20. Buntat_Keju Avatar
    Buntat_Keju

    o iya emang klo yg windows minded bakal rada kelabakan pakenya…tapi mac teteup keren abiiiiz

  21. Buntat_Keju Avatar
    Buntat_Keju

    o iya kalo ada yg punya info lbh mendalam soal mac kirimin aku y

  22. fenn Avatar
    fenn

    mau nanya dong..
    penting bgt niy..
    mohon bantuannya ya..

    klo msalnya spek yg dkasi dri tmpt kuliah gw kaya gini bsa ga d macbook?

    Minimum Technical / Hardware Requirements (Windows OS)
    (i) Pentium 4 processor 2.0 ghz or Centrino 1.4 ghz
    (ii) 1 GB of RAM & above
    (iii) Video card that supports Open GL, Direct 3D and that can support a display of a minimum resolution of 1280X1024 pixels (or greater)
    (iv) Wireless WIFI chip 802.11b, or PCMCIA adapter (802.11b or 802.11g) accepted
    (v) Firewire ports / USB 2.0 ports (2 minimum), or PCMCIA adapter accepted
    (vi) DVD-RW, or USB external unit is acceptable
    (vii) 80GB Hard Drive (or greater)
    (viii) Microsoft Windows XP SP 2 (recommended & above)

    Minimum Software Requirements
    โ€ข Adobe Photoshop CS and above
    โ€ข Adobe Illustrator CS and above
    โ€ข Adobe InDesign CS and above
    OR
    โ€ข Creative Suite Premium
    (Includes Adobe Photoshop CS2, Adobe Illustrator CS2, Adobe In Design CS2, GoLive CS2, Acrobat 7 Professional, Version Cue)
    โ€ข Macromedia Flash Professional 8 and above
    โ€ข Macromedia Dreamweaver 8 and above
    โ€ข Macromedia Fireworks 8 and above
    OR
    โ€ข Macromedia Studio 8
    (Includes Macromedia Dreamweaver 8, Macromedia Flash Professional 8, Macromedia Fireworks 8, Contribute, and FlashPaper)
    โ€ข Adobe Video Collection
    โ€ข AutoDesk 3D Studio Max 7 / AutoDesk Maya 8.5
    (subjected to the request of the lecturers)
    โ€ข Sound Forge 8 and above
    โ€ข Apache, IIS, MySQL (in Windows version)

    kyanya si gw mau bli macbook yg item yg 13.3inch 2.16GHz intel core 2 duo
    kmaren gw cek di estore harganya:
    14.500.000(tiger) 15.599.000(leopard)
    gw bingung mau ambil yg mana..

    trus klo misalnya gw mau ad windowsnya juga itu maksudnya paralel gt bkn sih?

    sorry niy sbelomnya gw kbanyakan nanya..
    tp gw amat sangat butuh bantuan lo smua, soalnya gw harus ud bli notebook niy.
    thx

  23. Madhie Book Avatar

    wah wah wah kalo specnya seperti itu pake BYON aja
    bisa pesen kok

    aw aw aw

  24. ????cell Avatar
    ????cell

    adu..
    pusink nie..
    maw bli macbook..
    tpi bnyk orng blng gmpng rusak..

    pusink..
    bntuin dnk..
    huhuhu..

  25. ahmad husein Avatar

    saya beli macbook 2.2 Ghz. OS Leopard. nov lalu. Sampai skr aman-aman saja. emang, saya rela beli usb modem Mac, plus Mini DVI connector utk presentasi. tapi terbayar deh. Waktu presentasi, audiens terkesima. Something you can see when using Windows, hahaha…

    Jadi, pake Mac aja. Asal, ya itu, dompetnya disiapin (sama isinya).

  26. kenn Avatar

    macbook buat design grafis kok vga nya kecil yak?
    knapa ga pake nvidia geforce??

  27. junkers Avatar
    junkers

    macbook????weqs, kl ada yg lbh murah dan lebih bgs spec nya
    ngapai ambil ini, mang pd mo gaya2an apa lo pada???kl gw sih
    beli laptop yg penting spec nya

  28. fery Avatar

    keren juga artikelnya……

    dpt kta2 dari mana om???

  29. DEDE Avatar
    DEDE

    Om,sy mau beli macbook tapi kok banyak yang bilang susah pake macbook,susahnya dimana om ?

  30. erika Avatar
    erika

    Susahnya di dompet kali mas.

  31. fadila paramitha Avatar
    fadila paramitha

    mau beli note book nih,, tapi bingung…
    yg keren, gampang makenya, enteng, dsb deh..
    ada yg mau bagi” saran ga??
    thx..

  32. sigit Avatar
    sigit

    beli notebook vista ajah, windowsnya dibuang lalu install kubuntu, pasti gak kecewa, gak jauh beda dibandingkan leopard. ada darwinnya yg mirip shell linux. mo pake windows vista nya? buang aja, ganti pake win XP di linux pake VirtualBox gratis kayak parallel desktop. dah berres….

  33. JB Avatar
    JB

    Ngapain pada diributin
    semua hanyalah alat..yang penting SDMnya..jangan cuman ngandelin bisa beli doank…lucu aja kalo ada yang ngomong ” ni orang keren sih bawaannya Macbook, yah tapi kok cuman buat dengerin i Tune aja…gak bisa makenya ya mas..” aw..aw..

  34. oktara Avatar
    oktara

    Yang lebih mahal? yang lebih mahal banyak.
    Yang lebih bagus dan sesuai kebutuhan kita itu yang lebih penting…….
    Nggak kuat beli macbook? Pengen ‘ngerasain’ aja? Ya install hackintosh aja.

  35. arya_dsx Avatar
    arya_dsx

    macbook keren,yg black keren bgt,gw aj mo bli,,ada yg tau ga dmn yg jual murah dan resmi,,thanks to all

  36. hariadhi Avatar

    gila, dah banyak banget orang di sekitar gw beli apel hanya untuk gaya-gayaan apa iri sama teman sekantornya. Masa ngetik laporan aja ngotot beli apel?

    Apel itu cool, yang bikin ga cool perilaku penggunanya. ๐Ÿ™

  37. sidhi Avatar

    Apel lagi. Lha mending pakai ubuntu – theme-nya kasih mac. Desktop bergaya mac harga ubuntu. Kemampuan….nyaris2 sama. Mac OS X sm Ubuntu punya mbah buyut yg sama : kasta *NIX.

    Bener..daripada duitnya dibuat beli macbook, mending kasihke aku aja. Siapa tahu amal, karena beramal = menabung. Nanti berana pinak. Bener.

  38. omega8719 Avatar

    Well sama aja dengan beberapa diantara kalian yang beli HP sekelas comunicator/blackberry/smartphone tapi dipake buat SMS dan telepon doang. Ngaku aja deh.
    Tapi gua yakin orang yang gak pernah nyoba Mac OS X bisanya cuma sirik doang. Padahal inilah OS yang paling nyaman sedunia.

    @sidhi biarpun sama-sama UNIX dan (masih) bebas virus, apakah Ubuntu menawarkan kemudahan untuk pengguna. Misalnya install aplikasi tambahan. Hampir 80% software di Mac OS X tinggal drag n drop…..siap pakai. Beberapa memang harus pakai installer….mirip Jendela.

  39. Ange03 Avatar
    Ange03

    to: IPod Lover

    Tentu aja, MAcBOOK jg ada bajakannya,,,

    Tahan banting pisan euy

  40. wisnu999 Avatar
    wisnu999

    uhm….macbook…..
    Ibook G4 gw masih bisa sampe ujung 2009, ntar awal 2010 di pikirin beli macbook….
    moga2 sudah jadi ganti VGA ga pake intel

  41. siapakek Avatar
    siapakek

    ubuntu itu apa sih?

  42. Bams Avatar

    Pada n9omongin apa siCh,, apa itu Macbook,,apa itu Apel,,apa itu ubuntu,,? Semua itu hanya ciptaan kita(manusia),,barang2 seperti itu hanya akan memperbudak kita(manusia),,kalian mau diperbudak mesin,,masa iya pencipta nya diperbudak ama ciptaannya,,? Ga mungkin donk,,Alhamdulillah saya wong ndeso jd ga tau yang begituan,,!!
    “Tebarkan cinta disetiap Langkahmu”

  43. Iyem Avatar
    Iyem

    Tergantung manusianya lah… semuanya tergantung pilihan saja… tinggal kita mau pilih mana..

    pilih jadi orang bodoh yang mau diperbudak dengan teknologi,

    atau pilih menjadi orang pintar yang mau belajar memanfaatkan dan memaksimalkan teknologi tinggi dengan kepintaran yang diberikan Tuhan kepada kita.

    Bagi yang mau tetap menjadi ndeso, silahkan tetap menjadi ndeso dan tambah katrok.
    Dan Selamat datang, bagi orang2 yang mau belajar dan menjadi Generasi yang Pintar, Cerdas, dan Berhati nurani.

    NB: perkenalkan nama saya Iyem dari “ndeso” Tulungagung….. pengeeeeeeeen banged punya MacbookPro 17″

  44. JOKO Avatar
    JOKO

    Apalagi buat Graphic Design dan Photography…. whew… Calibrate Color Mac ga ada yang mampu menandingi… hasil cetak mencetak dekeeeeeeeeeeeeeet banged ama Mac. begitu pake PC, memang tampilan monitor aduhai, tapi begitu dibawa ke cetak foto…. JEMBRET TRET TRET…………….

  45. antok Avatar
    antok

    iya… kasian yang bodo2 yah…..

  46. Seorang_Manusia Avatar
    Seorang_Manusia

    Saya punya MacBook edisi aluminum 2008 Q4 (versi terbaru). Saya akan menjabarkan counter-argument yang saya miliki.

    – Di tahun 2008 ini, (dan sesaat lagi akan 2009) banyak koneksi internet yang lebih cepat, reliable, mobile dan terjangkau seperti Telkomsel Flash, IM2 Broom, dll. Jadi, bagi yang menggunakan Dial-Up, alangkah baiknya bila mengganti menjadi 3G-based internet service. Dial-Up di jaman sekarang bukan sebuah option yang patut di-consider. Kalaupun ingin bertahan dengan Dial-Up, Apple USB modem bukanlah kompensasi yang mahal untuk menikmati sebuah Mac.

    – Presentasi menggunakan Mac sangatlah elegan karena applikasi iWork ’08: Keynote memiliki fitur animasi yang flashy dan ribuan kali lebih bagus dari PowerPoint. Oleh karena sekali lagi, harga Mini DisplayPort (sekarang bukan lagi Mini DVI) adapter bukan sesuatu yang mahal untuk dibayar agar dapat menikmati indahnya Mac.

    – OS X sekarang Leopard, yang berbasiskan Intel processor, telah diterima lama oleh publik dan oleh karena itu, software development berbasiskan Cocoa (API native OS X) untuk Universal Binary (agar software tersebut dapat dijalankan di PPC dan Intel platform) telah menyebar luas. OS X sekarang dapat di-install dengan Photoshop CS4 dan Office 2008 for Mac yang sudah Universal Binary.

    – Mac sekarang telah dibundle dengan memory 2GB pada awal pembelian (kecuali Mac Mini, bundle awal 1GB), karena itu cukup kuat untuk menjalankan Parallel Desktop / VMware Fusion. Kalaupun ingin menjalankan Windows di Mac, dapat menggunakan fitur Boot Camp yang disediakan, agar dapat menikmati juga compatibilitas software di Windows dengan dual-boot-switching antara OS X dan Windows. Walaupun begitu, saya yang bekerja sebagai programmer Windows, dapat menggunakan Mac untuk berbagai keperluan yang sangat dekat dengan Windows, tanpa hambatan. Intinya, Mac OS X Leopard sekarang (dan Snow Leopard di 2009 mendatang) dapat melakukan semua yang dapat dilakukan di Windows, bahkan lebih.

    – Bila kurang mampu membeli Mac yang populer saat ini (MacBook dan iMac), ada yang namanya Mac Mini yang harganya terjangkau (berkisar mulai dari $600) itupun sudah dapat OS original, software suite iLife original juga, garansi di seluruh retail Apple dan total immunity terhadap virus. Saya rasa, harganya tidak begitu mahal melihat spesifikasi hardware yang didapat pula loh (Core 2 Duo Processor). Bila ingin laptopnya, menabunglah seperti saya, hehe…

    Last, but not least, Apple di 2009 akan mengeluarkan OS baru Snow Leopard, dimana kabarnya akan berjalan sangat kencang karena berbagai engineering software yang dilakukan Apple. Windows 7 akan keluar di waktu yang bersamaan pula.

    OS X rocks! Peace, thanks for reading.

  47. ryosaeba Avatar

    buat iyem, joko dan antok, pilih salah satu nama saja, nggak usah berpura-pura jadi 3 orang yang berbeda.

    untuk “seorang_manusia”, selamat, anda sudah mendapatkan sertifikasi reality distortion field dari steve jobs! ๐Ÿ™‚

    1. saya memang pakai mac. kalau anda mau meluangkan waktu sejenak membaca tulisan saya yang lain di blog ini, pasti bisa mengetahuinya sendiri.
    2. saya menulis artikel ini di awal tahun 2007, sudah banyak yang terjadi (mac office sudah muncul, creative suite 3 sudah muncul), jadi konteksnya mungkin ada yang sudah berbeda jika dibandingkan dengan sekarang.
    3. apa yang saya tulis, walaupun di awal 2007, ternyata masih sama saja: no modem included (kita tinggal di indonesia, bukan amerika), no mini dvi to vga included, no remote included (!), dlsb. intinya masih banyak hidden cost jika kita ingin memaksimalkan penggunaan mac.
    4. total immunity terhadap virus? jangan terlalu percaya diri. sudah banyak exploit yang tinggal menunggu dimanfaatkan saja. ๐Ÿ˜€
    5. argumen anda tentang mac mini tidak mendukung argumen anda sebelumnya. anda mau menenteng mac mini untuk presentasi?

    *di rumah ada 2 macbook dan 1 ibook, dan 1 hackintosh*

  48. dave Avatar
    dave

    yang comment byk bgt ya ampe aku bingung mana yang nanggepin n mana yang di tanggepin
    but,,maksih buat infox. aku udah baca comment2 di atas.
    n ini cm sbg saran,,ajang olok2 sebisa mkn di minimalisir ya.ad yang ga tw beneran kan kasihan.
    so jst my opini n thx 4 reading my comm.
    ๐Ÿ™‚

  49. JIMMY Avatar
    JIMMY

    macbook emang yahuttttt…….. tapi ngomong-ngomong sapa yang mau beli macbook black punya gw yaaaa???
    klo ada yang berminat, hubungin gw yaaaa…….pokoknya kondisi masih 100% deh walau dibeli bulan Juli 2008. soalnya gw mo ganti macbook air… he he he he…..

  50. Unknown Avatar
    Unknown

    Macbook is the best!
    ubuntu itu linux sayaaang.. itu semacem OS juga.

    pokoknya Macintosh mak nyooooosssshhhhh!!!!

  51. Unknown Avatar
    Unknown

    kalo menurut gw sih, ngapain install windows di mac???
    mac ya mac aajaa… windows ya windows aja..
    tapi terserah sih..
    bagi gw sih kayak ga guna gitu
    malah kasihan laptopnya beraaaat hehe
    *peace peace*

  52. aryooo Avatar

    cuuuy…
    gw mau nanya dong…
    klo macbook os X yg barunya brapa ya???
    klo secondnya brapa cuy…
    tolong d jawab yeee…
    butuh bgt nih infonya

  53. aryooo Avatar
    aryooo

    oiyaa…
    yg black…sorry ketingalan…

  54. huammm Avatar
    huammm

    beli macbook = org kaya yang cuma tw gaya = ke-tolol-an yang sempurna

    beli macbook n di pake di indonesia = org kaya yg cuma tw gaya n gk pernah pake komputer = ke-tolol-an yg melewati batas akhir

    beli macbook n di pamer ke org2 = org kaya yang cuma tw gaya n gk pernah pake komputer dan cari perkara sama hacker = semoga siap2 beli macbook baru

    1. made Avatar

      orang kaya kok dibilang tolol….pikir lagi deh ….kalo tolol ga mungkin jadi kaya….kembali ke topik :setelah saya pake keduanya…utk mobile memang saya lebih memilih mac karena: batere bertahan lebih lama….panas laptop jauh beda dengan windows…Tapi windows juga masih saya pake ketika jalankan ms acces

  55. saya Avatar
    saya

    coba deh ditelaah lagi?, kita butuh barang tsb utk fungsi atau gengsi? jika hanya utk gengsi silahkan hamburkan uang anda, kan masih banyak stok uang yg harus dibuang bukan? jika utk fungsinya saya akan memberikan selamat karena anda sdh benar2 mengerti kebutuhan anda akan tetapi mungkin ini bisa dijadikan wacana: cobalah dell vostro dengan iatkos

    1. sendiri Avatar
      sendiri

      jangan ngeledek gitu kawan… pertanyaan pertama adalah mengapa orang bela-belain beli macbook padahal berharga mahal? ada yg karena gengsi padahal kagak bisa pake (atau cuma sepake-pakenya), tapi ada juga yg pake karena tau kelebihan macbook. jauhlah macbook sama laptop2 biasa. macbook paling tidak disandingkan ama vaio lah.. gak imbang dibandingin sama vostro dan acer mah… vaio juga mahal dibandingkan merek lain yang sekelas. itu artinya ada kelebihan lain yang bikin dia naik harganya.

      kalau punya duit dan mampu beli, jangan biasain nyolong produk orang lain dah. saya juga hackintosh geek, bahkan hackbook gw pake pagi-siang-sore untuk kerja.. tapi lama2 gak enak juga (nyadar mode=on) gw pake barang bagus tapi nyang punya kagak rido…. dalam 1-2 bulan ke depan udah nganggarin beli MBP + iWorks berlisensi neh… biar kerjanya halalan toyiban..

  56. Ane Avatar
    Ane

    Kepengen sih punya.. tapi nasib masih belum mengarah kesitu hahahk… selama ini masih bertahan dengan notebook jadulku acer travelmate 3290 + ram 2Gb… entah sampe kapan dia mampu bertahan T_T

  57. jimmy Avatar
    jimmy

    selalu aja ada masalah setelah beli macbook… dari ditanyain orang harganya berapa sampe dikejar2 cewek hehehehe… macbook forever lah…..

  58. zastrow Avatar
    zastrow

    beli ah…
    mau belajar aja..tar klo dah bisa..jual lagi..hehe

  59. ariez Avatar
    ariez

    kalo saya pake tipe apapun yang penting bisa buat maen game2 kelas berat,buat desain grafis,multi media ,buat pempograman jg,,, VGA minim 2GB,RAM 6GB,HDD 600GB, itulah yg saya pilih,,,,, merek apapun,,,,

  60. Noboru Akabara Avatar

    wow, seru banget rumpiannya.
    Kalo menurut saya, kelebihan apple itu ada di hardwarenya. Macbook saya masih bertahan sejak dua tahun lalu dan masih sangat lancar digunakan, saya juga punya joybook (benQ) dan memiliki kualitas yang sedikit di bawah Macbook. Tapi keduanya sama awetnya, sama-sama lebih dari satu setengah tahun menemani aktivitas saya sehari-hari.

    Buat saya macbook dan joybook sama-sama keren. Mac dan Win sama-sama punya keunggulan.
    Saya beli Joybook dengan harga 75%nya Macbook tapi dengan isi Ram, HDD, VGA duakalinya. Tapi karena hardware Macbook tangguh dan sangat kompatibel dengan OSnya jadi dengan spec separuh joybook punya kemampuan grafis dua kalinya.

  61. Jenk aja Avatar
    Jenk aja

    jadi bingung…
    Mw beli macbook kykx repot amat yah??
    hehehhe..aq mc lum ngerti c tntg macbook,v tampilanx menggoda,bisa d bawa gayaan..ckckck

  62. chen_0415 Avatar
    chen_0415

    memang betul yang di katakan mas ini….saya kemaren dimintain tolong untuk membelikan teman saya yang titip mac untuknya…setelah saya tanya macnya di pake untuk ape dengan niat memberikan saran yang lebih tepat buatnya..setelah berbincang2 eh dia tanya itu macnya bisa di install windows kan(maksutnya dualboot) yang mau diprioritaskan di pake dibanding macnya..saya bilang bisa…tapi buat apa kalo beli mahal2 kek gitu gak di optimalin macOSnya malah lebih maksa make windows di macbooknya..kan aneh…mending beli laptop yang kosongan ato laptop selain mac dengah harga segitu dapet specknya lebih dari mac tersebu….dasar sangat aneh orangnya…dah akhirnya saya batu dia untuk membelikan Macnbooknya..kita liat aja ntar perkembagnannya..

  63. ndanbeby Avatar
    ndanbeby

    nyengir sambil geleng-geleng…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *