pesta blogger 2007


pada hari sabtu kemarin, tanggal 27 oktober 2007, saya menghadiri pesta blogger 2007 yang diadakan di blitz megaplex. saya memang diundang untuk datang, namun yang sedikit saya sayangkan, undangan hanya berlaku untuk satu orang, dan jika ingin mengajak orang lain, harus membayar 100 ribu per orang. tapi setelah kemarin melihat suasananya, sepertinya bisa saja mengajak orang lain tanpa harus membayar biaya tambahan 100 ribu, selama tidak ikut masuk ke dalam auditorium dan workshop yang diadakan. toh acaranya diadakan di blitz megaplex, jadi bisa duduk-duduk di tempat duduk yang ada atau di cafe yang memang disediakan untuk pengunjung blitz megaplex.
pesta blogger 2007
berangkat dari rumah (di daerah cipete) menggunakan taksi, saya sampai di sana sekitar pukul 12.15. memang, sangat terlambat, ditambah keraguan apakah masih ada tempat, mengingat pengumuman terakhir adalah tempat kosong tinggal 65, dan jika sudah lewat dari batas waktu (jam 11), maka aturan yang berlaku adalah siapa cepat dia dapat, tidak peduli apakah sudah reserved atau belum. meja pendaftaran terlihat sepi, dan ternyata saya masih diperbolehkan masuk. (dan bodohnya, saya tidak memotret meja pendaftaran. feeling saya untuk urusan memotret dokumentasi memang masih perlu diasah lagi).
dari meja pendaftaran, saya mendapatkan satu tas yang berisi macam-macam, seperti yang ditulis oleh Mbelgedez:

Stelah berdiri 10 menit kayak orang ngantri jatah raskin, akhirnya bisa mangslup jugak dengan mbayar 100 rebu. Uang segitu dapet sekantong tas, nyang isinya 2 CD Linux, 1 kaos item Mikrosop, Sekaleng kola, sebungkus chiki, 1 majalah tentang ponsel nyang sudah basi, dan pin Pesta Blogger.

anehnya, isi tas saya sedikit berbeda, tidak ada kaos microsoft dan tidak ada coca-cola. juga tidak ada pulpen seperti yang didapatkan oleh rekan blogger lain di sana. lalu yang dimaksud sebagai chiki sepertinya adalah veetos, yang memang menjadi salah satu sponsor. sepertinya memang nasib orang yang datang terlambat seperti saya, isi tasnya sudah “digerayangi”, hehehe. tapi ya sudah bagus boleh datang gratisan, tidak seperti Mbelgedez yang mesti bayar 100 ribu. 🙂
namun yang menarik dalam membaca tulisan Mbelgedez, adalah betapa berbedanya apa yang beliau alami dengan yang saya alami. mungkin salah satu faktor pembeda adalah jam kedatangan, beliau datang tepat waktu, sementara saya datang sangat terlambat. beliau sudah keburu bosan mengikuti acara pembukaan di ruang auditorium 2 yang memang fungsi aslinya adalah bioskop, sementara saya baru masuk ruangan temaram tersebut sekitar pukul 12.30, setelah bolak-balik berusaha mencari sinyal indosat yang tampaknya diacak di dalam ruangan bioskop. beliau karena bosan mengikuti acara di ruang auditorium akhirnya pulang sebelum pukul 13.00, saya baru pulang ketika sudah diusir-usir oleh panitia karena jatah waktu sewa ruangan sudah habis (sekitar pukul 15.30).
kalau memang benar Mbelgedez pulang sebelum 13.00, sepertinya beliau tidak ikut makan siang di sana, karena baru pada pukul 13 peserta dipersilakan untuk makan siang dan selanjutnya mengikuti workshop yang tersedia. kalau tidak salah ingat ada minimal 3 workshop: teknik dan alat bantu blogging, blogging sebagai bisnis dan pendukung bisnis, dan bridge blogging. dan yang mungkin tidak dialami sendiri oleh Mbelgedez, workshop ini diadakan di luar ruangan auditorium, jadi tidak temaram seperti yang dikeluhkan oleh beliau. makanan utama yang disediakan adalah sop buntut, namun sayangnya ketika giliran saya mendekati meja, makanannya habis (nasi, kuah sop buntut), dan harus menunggu agak lama sampai tersedia lagi makanannya.

saat hendak mengantri makanan ini saya sempat ditegur oleh panitia untuk mengenakan kalung tanda pengenal. setelah saya perhatikan, memang peserta pesta blogger dan pengunjung biasa blitz megaplex bercampur jadi satu, hanya dibedakan oleh kalung tanda pengenal ini. ini membuat saya berpikir seharusnya tidak ada masalah kalau saya mengajak orang lain untuk ikut datang ke acara ini, selama tidak ikut masuk ke ruang auditorium dan tempat workshop, toh blitz megaplex sangat luas dan banyak tempat untuk duduk-duduk.
sekitar pukul 14.30, setelah makan siang dan mengikuti workshop, para peserta baru diminta kembali masuk ke ruang auditorium 2, untuk recap hasil workshop dan pembagian hadiah. pemberian hadiah gelombang pertama terkait dengan blog terfavorit pilihan peserta untuk berbagai macam kategori, dan yang paling banyak mendapatkan suara mendapatkan notebook dari depkominfo. blog yang paling banyak mendapatkan suara adalah blog milik enda, namun mungkin karena beliau sendiri adalah termasuk penggagas dari acara ini, beliau menyerahkan hadiah tersebut ke peraih suara kedua setelah dirinya (maaf saya lupa siapa, yang saya ingat kategorinya adalah blog sebagai pendukung bisnis). untuk kategori newcomer, pemenangnya mendapatkan hadiah nokia N73 music edition (dan mohon maaf lagi-lagi saya tidak ingat siapa pemenangnya).
pemberian hadiah gelombang kedua dan terakhir adalah door prize, seperti blackberry yang disumbangkan oleh XL, dan nokia N95 music edition yang disumbangkan oleh nokia. dan seperti biasa saya jarang sekali beruntung dalam acara seperti ini, tidak ada satupun hadiah yang saya dapatkan. 🙂

setelah acara resmi selesai ditutup, acara berikutnya didominasi oleh sesi foto-foto para peserta yang memang memanfaatkan cara pesta blogger ini sebagai ajang kopi darat. sewaktu saya mengambil foto di atas ini pun, itu sambil dimohon dengan amat sangat oleh panitia untuk segera keluar dari ruangan, hehe. foto-foto selengkapnya bisa dilihat di flickr. untuk foto di flickr ini, berhubung saya menggunakan flickr uploadr di mac, fotonya terurut berdasarkan nama file, bukan waktu pengambilan. ada yang bisa memberitahu saya bagaimana cara melakukan pengurutan foto berdasarkan waktu pengambilan di flickr?

, ,

31 responses to “pesta blogger 2007”

  1. wah masih mending kebagian makan mas, saya malah kehabisan..hehe..tapi gak apa2, acaranya bagus kok…saya juga masih baru menggunakan flickr, yg ada cuman diatur berdasarkan most recently updated yah…

  2. Ups,…
    Betul bang…. sayah dah keduluan Boring.
    Bayangin ajah, pengertian sayah, cuman tersisa 65 Seat nyang diperebutkan. Mangkanya sayah bejuang menuju lokalisasi sebelum jam 10.00, sementara sayah tinggal di Cibubur….
    Btw, sebelomnya sayah dah dapet bisik-bisik tentang materi Work Shop. dan sayah (maap) ndak minat. Mungkin sayah ikut Work Shop kalok materinya tentang INTERNET GRATIS DI INDONESIA ato TARIP 3G HSDPA XL Rp 1000,-/ MENIT…. Sayah ikut…..
    Makasih bang, dah mampir….

  3. mohon maaf atas segala kekurangan yang dirasakan dalam pesta blogger 2007 ini; akan kami jadikan sebagai masukan dan pelajaran yang berarti dalam mengorganisir acara ini di waktu mendatang, dan saya harap tidak mengecewakan. terima kasih banyak, sekali lagi mohon maaf apabila memang masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini.
    salam.

  4. Liputan Pesta Blogger 2007
    Jakarta hari sabtu macet lebih parah diberbagai tempat. Khawatir datang telat ke Pesta Blogger membuat saya mengumpat mantan gubernur Sutiyoso untuk yang kesekian kalinya. Maaf Pak Sutiyoso, tapi sulit sekali mengubah kebiasaan buruk yang sudah berlang…

  5. yang menarik dalam membaca tulisan Mbelgedez, adalah betapa berbedanya apa yang beliau alami dengan yang saya alami

    Ya, perbedaan antar manusia memang jauh lebih menarik daripada perbedaan antar kerbau.

  6. Eh, bener juga, Ko. Aku search tag pb2007, ada yang kayaknya bukan foto Pesta Blogger 2007. Masih terlalu umum singkatannya. Bukan Playboy sih. (Sayangnya.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *