standar baku pembelaan diri

, ,

awalnya adalah pemberitaan di detik: Jenderal, Beginilah Cara Saya Korupsi. isinya tentang bagaimana dua orang turis asal kanada merekam secara diam-diam kejadian saat mereka diberhentikan oleh polisi di bali sewaktu mengendarai motor sewaan tanpa membawa SIM, Surat Ijin Mengemudi.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=q4j0Hg8eFsc]
rekaman insiden turis asing dengan polisi di bali

Bola kini ada pada petinggi polisi di Bali untuk mengusut rekaman ini. itulah kalimat penutup berita di detik tadi. berita ini juga sempat dibahas di forum detik, dengan beberapa pendapat yang pro dan kontra.

keesokan harinya ternyata berita ini masih dibahas di detik, dengan judul Kuta Sana, Kutu Sini, yang mengaitkan rekaman insiden tadi dengan Visit Indonesia Year 2008. rupanya baru setelah pemberitaan ini ditayangkan, muncul reaksi dari humas polri, seperti yang diberitakan di detik: Polri Sangsikan Video di Youtube.

“Gambar bisa dimanipulasi dan direkayasa. Ini ada maksud tertentu, patut dicurigai,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Sisno Adiwinoto saat dihubungi per telpon di Jakarta, Sabtu (1/12/2007).

Komentar di atas mengingatkan saya pada komentar seseorang dalam kasus Indonesia Raya pertengahan tahun ini:

“Saya malah curiga ada kepentingan ekonomi pada diri orang-orang yang selama ini menyimpan dokumen itu, tapi tak segera menyerahkannya pada negara.”

sepertinya memang sudah menjadi template alias standar baku jawaban pembelaan diri dari orang-orang indonesia sini.


38 responses to “standar baku pembelaan diri”

  1. Nenda Fadhilah Avatar
    Nenda Fadhilah

    Kita emang harus hati2 tapi jangan sampai jadi parno.

  2. Ronsen Avatar

    gua jadi pengen tau ada orang iseng yg mau nyediain waktu memanipulasi dan merekayasa video tsb. rahasia umum polisi korup mana bisa ditutup-tutupi lha sudah jadi santapan setiap hari orang indonesia. 😀

  3. jalansutera Avatar

    templet yang lain adalah: pelakunya itu oknum. akan kami tindak secepatnya.

    hihihi…

  4. fisto Avatar

    lagi apes aja kegep ama turis iseng…

  5. dikshie Avatar
    dikshie

    yng saya tau mengendarai kendaraan bermotor tanpa surat ijin mengemudi melanggar hukum toh?

  6. Denny Avatar
    Denny

    caranya manipulasi video gimana ya pak polisi ?
    install linux dulu ?

  7. rezco Avatar

    hmm..iya saya tahu yang komen kasus Indonesia raya itu 🙂

    kejadian seperti ini sebetulnya sudah umum, tapi ya baru kali ini ada korban yang berani “menunjukkan bukti berupa rekaman lengkap suara, gambar, plus lokasi kejadiannya.

    -salam kenal mas-

  8. Mihael "D.B." Ellinsworth Avatar

    Hohoho…sebelum mengaku, berkelit itu perlu. 😀

  9. adit Avatar

    aduh pak polisi…. buktinya manna ?

    seenggaknya ungkapkan dulu metadata video ybs…. kalo ndak mampu kan bisa menyewa pakar metadata itu loh…

  10. Hanster Avatar
    Hanster

    Misi…..
    Numpang Lewt ya…

    => Hansteru WebBlog <=

  11. djunaedird Avatar

    Kalau soal itu kita ini memang ahlinya. Tidak usah herman.

  12. ryosaeba Avatar

    yng saya tau mengendarai kendaraan bermotor tanpa surat ijin mengemudi melanggar hukum toh?

    two wrongs don’t make it right. but three lefts do. 😀

  13. alief Avatar

    wah pakar telematika akan bicara ini… lumayan dapat proyek dari polri untuk mengetes keaslian video youtube 🙂

  14. dobelden Avatar

    manipulasinya pinter banget yaks… sampe gak keliatan klo itu manipulasi 😀

  15. telmark Avatar

    Thats not an Indonesian Justice`s, thats something mean “YG PERLU DITEMBAK MATI !!”
    memalukan… Memalukan… MEMALUKAN…
    penyakit begini ini yg membuat Indonesia kaga pernah maju.
    beberapa tahun yg lalu, saya sempat menonton acara takeshi, yg menyatakan, bahwa diBali ada pemeriksaan keimigrasian. dan bila mana (saat) menyerahkan pasport atau ID, warga asing tsb harus menyelipkan uang sekitar 2000 yen.
    pak jenderal, tolong mereka di tembak mati segera…

  16. Wibisono Sastrodiwiryo Avatar

    Atau bisa jadi bilang “…itu adalah fitnah belaka…”

    Sebuah template yang lain.. ;-P

  17. Indon Avatar

    Tentu saja tetangga kita yang tukang contek itu juga sudah menconteknya.

  18. idarmadi Avatar

    Saya sih cuman bisa tersenyum miris… apalagi waktu dibilang “Indonesia Justice” diakhir pelem…. ouch!

  19. aditthegrat Avatar
    aditthegrat

    Rekayasa dari Hongkong!

  20. QWERTY Avatar
    QWERTY

    bung adit apakah ada bukti itu rekayasa dari hongkong (hihihi)? jangan sampe pernyataannya jadi dalil pembelaan formal, hihihi

  21. misterpopo Avatar

    waiting mode = on
    nungguin mas roy yang lagi ngubek2 perpustakaan leyden buat nyari tahu keaslian video ‘crooked police’
    😀

  22. putratomohon Avatar
    putratomohon

    ini namanya self defense mechanism, kayaknya kita emang gak pernah mau mengakui salah apalagi memperbaikinya. okelah itu memang direkayasa tapi sudah jadi rahasia umum kan klo kita ditilang tinggal sediain aja ceban beres deh. alangkah indahnya klo polisi di republik ini jujur dan mengayomi. klo skarang, udah mereka makan dari uang rakyat masih meras rakyat lagi dengan cara-cara seperti yang direkam bule-bule itu. insyaflah pak polisi.

  23. Imansyah™ Avatar

    Ikut malu euy.. *tutup muka*

  24. lantip Avatar

    yang lebih baku adalah: itu oknum!
    selesai dengan itu

    btw, om roy, ryosaeba ini adalah oknum di dunia blog
    hihihihi

  25. izza Avatar

    Memang ini sepertinya asli. dan Tidak direkayasa,
    Tindakan suap maupun disuap tidak dibenarkan oleh siapapun. Tapi Penilangan ini memang perlu, karena itu tugas.
    Misalkan saja turis itu adalah agen teroris bagaimana?, atau intelijen asing bagaiman?
    langkah itu kan bisa saja dilakukan, untuk menguji..

  26. snydez Avatar

    gak perlu bukti buktian lah.
    kejadian kaya’ gini tiap hari koq.
    liat aja [di jakarta] di bundaran indosat deket monas.

  27. andi Avatar

    Ayo kita galakkan merekap kejadian yang seperti tadi trus di upload di Youtube ..
    Pasti Polri kebarakan jenggot 😉
    Coba aja sengaja bilang gak bawa SIM .. trus terakhirnya eh .. ternyata ketemu pak SIM nya .. padahal sudah berharap mo dapet duit 😀

  28. […] 7, 2007 in Hot News Iseng blogwalking ketemu dengan blognya ryosaeba dan menampilkan video tentang turis yang merekam kejadian aksi suap ke “Oknum” Polisi […]

  29. hariadhi Avatar

    Ga mungkin anak buah saya salah. Pasti yang salah itu yang ngelaporin. Pasti pelapor itu berkonspirasi dengan rakyat lain. Pasti dia mengadakan perjanjian dengan yang bikin blog ini. Pasti yang bikin komentar di blog ini sebenarnya orang-orang yang sama, bikin nama yang beda-beda. Pasti mata saya juga udah diajak konspirasi sama yang bikin video biar pelanggaran itu kelihatan asli!

    Past!
    Pasti!

    Duh Pak Polisi.. video mau diupload ke U Tube emang harus diedit dulu donngg! Dipotong-potong, dikecilin, dikasih tulisan. Masa mau diliatin video aslinya, bisa sampe tahun depan downloadnya >_<

  30. kiwienjoy Avatar
    kiwienjoy

    Bro jangan salah duga… pak jenderal tentu membela anak buahnya.. kalo tidak dibela nanti nggak dapat setoran lagi…

  31. akmad Avatar
    akmad

    video kesengajaan dari seorang yang memnag sadar kalau Polisi Indonesia bisa diajak damai. dan yang nyelekit Indonesia Justice

  32. […] Polisi nilang turis, Standar Baku Pembelaan Diri […]

  33. abrahamsutanto Avatar

    Salam kenal…
    Menyedihkan banget ketika pertama denger berita inii… Cuma satu yang muncul di pikiran saya, akhirnya berita yang sudah basi ini muncul juga di permukaan hahahaa…
    Tapi nga diusut juga… parah dech…
    “yah beginilah hukum Indonesia” (meniru komentar org canada)

  34. imam alkarami Avatar

    haaa..haaa….
    saya bahkan pernah melihat si polisi (oknum) itu menukarkan dvd ‘bajakan’ ke pedagang dvd emperan setelah mereka minta jatah ke pedagang itu….

    sebenernya dari dulu pengen banget ngerekam aksi jalanan ini. soalnya di tempat saya (bandung, depan kampus itb), polisi itu setiap siang minta jatah ke pedagang dvd di jalan ganesha dan jalan gelapnyawang (sebrangnya)..kayaknya buat makan siang mereka..he..he..

    ironis juga. terkadang kita kesel dengan perilaku ga prof mereka. tp terkadang saat kita melakukan kesalahan (misalnya ga bawa sim, ga pake helm) kita malah berusaha untuk pake jalan damai…

  35. […] maka sudah menjadi rahasia umum bahwa polisi memang korup dari jajaran tinggi hingga yang terendah. Bahkan warga asing yang melancong ke tanah air pun sudah mengetahui akan hal itu. Tapi Sisno bertingkah seolah olah bawah itu semua tidak benar kemudian sibuk memprotes hasil […]

  36. devi Avatar

    Adili seadil adilnya

  37. Remo Harsono Avatar

    Yang jadi masalah…semua orang baik itu polisi, lurah, camat, tukang becak, blogger, bupati, artis, dll (termasuk sampean2 + saya juga) pada korupsi semua…akhirnya apa yang terjadi? ya pembelaan versi konyol tadi tetep dipake sebagai standar baku diseluruh kantor…tidak cuma polisi 🙂

    Trus gimana donk? Yaaa….paling kita bisa nunggu tsunami v2.0 melanda seluruh negeri, trus generasi baru ntar yang nerusin negara ini dari nol 🙁

  38. Remo Harsono Avatar

    Ada cara lain….keep fighting !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *