problem windows xp sp3 dengan realtek HDA


saya baru saja melakukan upgrade komputer, dari athlon64 3200+ 3 GB dan radeon X800GT 512 MB, ke intel Q6600 quadcore 2.4 GHz 4 GB dan nvidia 8800 GT 1 GB. tentu saja perubahan ini mengisyaratkan perubahan papan induk juga, dari DFI NF4 Fatal1ty ke Abit IP35-E, sesuai dengan saran emil.
problem muncul ketika semua sudah beres saya pasang, baik hardware maupun software driver di OS windows XP. realtek high definition audio yang ada di papan induk abit tidak dikenali, dan muncul sebuah PCI device yang tidak dikenali dalam daftar device manager windows. setelah mencoba berulang kali melakukan instalasi driver, lalu googling id string dari unknown PCI device ini (ven_8086 dev_293e), mulai muncul petunjuk bahwa masalahnya memang di sekitar realtek HDA ini. setelah menggali lebih dalam lagi, akhirnya saya menemukan di forum microsoft bahwa memang service pack 3 release candidate untuk windows xp belum mengikutsertakan dukungan high definition audio, jadi bagi yang sudah telanjur menggunakan windows XP SP3, ini langkah-langkahnya:

  1. unduh dulu hotfix dukungan HDA untuk SP2
  2. ekstrak isinya menggunakan 7-zip atau winrar
  3. buka device manager, klik kanan unknown PCI device tadi, lalu klik update driver, arahkan ke folder tempat ekstrak file-file tadi di poin sebelumnya

selanjutnya jika proses instalasi driver HDA sudah dilakukan, perangkat HDA akan otomatis dikenali dan dipasang driver-nya.
 


ada 4 komponen yang menjadi bahan utama upgrade:

  1. prosesor Q6600 quadcore 2.4 GHz
  2. digital alliance geforce 8800 GT 1 GB
  3. papan induk abit IP35-E
  4. 2 x 2 GB RAM DDR2 corsair

 


papan induk abit IP35-E.
 


awas perhatian!
 


slot LGA775 alias socket T
 


label CPU
 


quadcore sisi atas
 


quadcore sisi bawah
 


prosesor terpasang
 


kartu jaringan nirkabel dari komputer lama
 


modem telpon analog dari komputer lama
 


kartu grafis HIS Radeon X800 GT dari komputer lama
 


RAM 2 x 2Gb DDR2 corsair
 


prosesor dan RAM terpasang di papan induk
sayangnya saya malah lupa memotret kartu grafis yang baru, digital alliance geforce 8800 GT. memasang semuanya relatif mudah, tidak diperlukan pengetahuan teknis yang mendalam di bidang komputer, asalkan bisa membaca manual yang telah tersedia. setelah semua terpasang, terutama setelah memperbaiki masalah audio di atas, terasa memang kinerja menjadi lebih gegas, saat booting sampai bisa dipergunakan relatif lebih cepat, dan yang terpenting adalah bisa memainkan game-game mutakhir dengan enteng.

,

33 responses to “problem windows xp sp3 dengan realtek HDA”

  1. Ga jadi pake Intel E8400 pak? Heheheh kepuasan Quad Core nya ya 😀 gua sih pilih E8400 (Core 2 Duo 3.0GHz 45nm) dengan alesan Quad Core nya Intel masih “akal-akal”an ga kayak AMD, jadi cuma meningkatkan Power Consumption kayak Presler (Pentium 4 D dulu).
    Soal HDA itu keluar SP3 yang versi “Windows XP Service Pack 3 Release Candidate 2 Refresh” … Yang REFRESH nya ini cuma ngebenerin HDA Audio Driver aja pak. Gua udah embedd ke installer XP 😀 jadi build 3311.

  2. […] dari hasil googling, ternyata hal ini merupakan fenomena yang terjadi serentak di tanggal 7 april 2008, dan semuanya ternyata menimpa instalasi windows xp SP3 RC versi lama. solusi satu-satunya adalah dengan membatalkan instalasi SP3 (uninstall), dan kalau masih ingin tetap pakai SP3, lakukan instalasi ulang SP3 RC2 versi refresh. versi refresh ini juga menyelesaikan problem high definition audio tidak dikenali di SP3. […]

  3. hehehe….
    knapa sound nya g pake x-fi xg skalian?
    kan sayang…
    om, om, yang udah-udah x-fi xg di kawinin ma bnw lucu deh om jadinya… bikin tualatin serasa p4

  4. kwokwowkowkwokwowkowkwokwowkowkwok yang kutunggu2 gambarnya kok malah gak muncul…. DA 8800GT nya lupa difoto ya?? garuk2 ^^

  5. Speknya lumayan gila juga tuh . Tapi 7,5 jt (cm buat gaming) ? mikir ah mending beli aja PS3 ato XBOX360 Elite.
    Spek segitu paling tahan cuma sampe 1 tahun. Tahun berikutnya harus upgrade lagi biar bisa ngejar game2 yg makin canggih.
    Just my 2 cents 😀

  6. kalo saya pake MB asus P5k se, win xp sp2, realtek hda, dr aplikasi instalasinya bisa di test, tapi kl saya idupin lagu msl pake winamp ga bisa (bad driver) knp ya bro. help me pls

  7. do you experience double-boot issue with the abit mboard?
    i know the latest bios supposed to fix that, but the bios setting will also dissapear

  8. @domimi: yes, i experience the double-boot issue. just a minor annoyance, the bigger annoyance is the jmicron ATA chipset, it’s keeping me from installing a perfect hackintosh.

  9. waow….. compie spek kaya’ begitchu mungkin bisa mbuwat game sekelas splinter cell Double Agent…. sayang bangsa kita konsumtif dalam hardware tapi tidak diimbangi dengan kemampuan dari segi softwarenya…
    dan maap klo jadi OOT niy 🙂

  10. -nggak lihat spek, belum kejangkau-
    Terima kasih dah dikasi tahu jalan yang lurus menuju pemecahan masalah unknown PCI Cevice
    :()

  11. Makaciiihhhhhh……………….
    sdh 2 minggu saya kutak-katik NB lantaran audio ga ke-detect (2 hari sampe ga masuk kerja gara-gara begadang ngoprek laptop). hampir putus asa & kembali ke OS lama. Alhamdulillah,,, orang sabar & gigih emang selalu diberi jalan keluar.
    Bravo,,

  12. saya minta alamat unuk download aplikasinya Realtek saya tdk bisa diinstal di insal gagal terus saya make intel dual core
    saya dapet dari cd moderboard ECS kenapa tdk bisa ? saya minta alamat untuk download nya saya pake windows xp sp3
    trimakasi tolong di bls di e-mail saya “daffa_rizqullah_keren@yahoo.co.id”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *