beralih ke sistem operasi 64 bit



sewaktu saya melakukan pembaruan komputer kemarin, saya memasang 4 GB memori. namun ternyata hanya 3.25 GB yang bisa dimanfaatkan oleh windows XP, walaupun saya sudah menambahkan opsi /3GB di boot.ini. opsi /3GB rupanya hanya memindahkan pengalamatan yang direservasi oleh sistem operasi ke bagian atas dari 3 GB, dan bukan berarti bisa memanfatkan secara keseluruhan 4 GB memori. karena keterbatasan sistem operasi 32 bit, pengalamatan maksimum adalah 4 GB. setelah dikurangi alamat yang sudah direservasi oleh sistem operasi, maksimal memori yang bisa dimanfaatkan dari 4 GB hanyalah 3.25 GB, ada 750 MB memori yang tidak bisa dipergunakan sama sekali.
karena alasan 750 MB memori yang tak bisa dipergunakan ini akhirnya saya coba untuk mencoba sistem operasi 64 bit. awalnya saya mencoba hardy heron 64 bit, namun sayangnya selalu gagal sewaktu mencoba loading kernel. lalu saya mencoba windows XP x64 SP2, instalasi berhasil namun perangkat pengendali audio mengalami kegagalan, terjadi masalah servis audio windows selalu gagal diakses. akhirnya dicoba sekali lagi fresh install windows XP x64 SP2, kali ini dengan berusaha memasang driver-nya satu persatu, kali ini perangkat audio (realtek HDA) bisa berjalan dengan mulus. hanya ada satu perangkat yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu linksys WMP54GS. perangkat dikenali oleh windows XP x64, namun tidak berhasil melakukan koneksi ke access point yang menggunakan WPA-Personal. tidak terlalu masalah sih, karena akses internet masih bisa dilakukan dengan menumpang jalur LAN kabel memanfaatkan komputer lain sebagai gateway.
windows XP x64 bisa menggunakan seluruh 4 GB memori yang ada. dan berhubung ada isu akan ada kenaikan harga memori, ditambah harga BBM yang kemungkinan besar akan naik (dan kalau BBM naik sepertinya harga-harga barang lain akan ikut naik), saya memutuskan untuk menambah lagi jumlah memori sampai dengan 8 GB. sekarang komputer saya yang baru ini saya pakai lagi untuk memainkan game yang cukup tua umurnya, yaitu oblivion. terasa sekali bedanya dibandingkan sewaktu menggunakan komputer yang lama, tidak ada jeda atau lag sewaktu dalam permainan, walaupun saya lebih yakin ini disebabkan oleh kartu grafis yang baru, bukan oleh jumlah memori yang mencapai 8 GB, lagipula oblivion masih merupakan aplikasi 32 bit.

situs yang sangat informatif dan berguna bagi yang baru beralih ke sistem operasi 64 bit adalah start64.com, saya menemukan banyak driver dan aplikasi 64 bit dari sana. situs ini membahas linux maupun windows 64 bit. lalu jika melakukan instalasi aplikasi 64 bit, dan punya kebiasaan menggunakan total commander sebagai file manager seperti saya, harus mengubah kebiasaan sedikit: jangan gunakan total commander sebagai launcher setup aplikasi 64 bit, karena beberapa instalasi akan nyasar dianggap sebagai aplikasi 32 bit. gunakan windows explorer untuk menjalankan setup.

,

14 responses to “beralih ke sistem operasi 64 bit”

  1. punya server ram-nya 8 gb, nyesel pake win2003server std edition, max memory yang bisa dipake 4Gb (dengan option /PAE di boot.ini) 🙁

  2. Welcome aboard brother. Gua coba dan stick dg 64-bit Windows sejak roll out Pentium dengan EM64T pertama di Pentium 4 D (Dual Core) Desember 2005 http://adinoto.org/?p=167, dan coba di MacBook 64-bit pertama (Core 2 Duo) heheh yg lu beli ya hehehe di http://adinoto.org/?p=280 Desember 2006. It was a great experience, consider I don’t like Windows XP 32-bit usual experience like “Not responding” and stuffs…
    Windows XP 64-bit cukup distinct banget, Jarang *OS hampir ga pernah hang, dan kalo aplikasi pun hang gampang di kill dengan Ctrl+Alt+Del, ga kayak Windows XP 32-bit yang bolak-balik “Not responding”… kuncinya karena Winows XP 64-bit bisa bikin Applications di User Space sendiri-sendiri (32-bit User Space), jadi kalo aplikasi mati/crashed, kemungkinan dia menjatuhkan sistem operasi kecil. Jadi enak banget udah kayak Mac aja kalo klik kill apps 😀 Sangat responsive.
    Salah satu masalah yang mengganjal (pada masa itu), adalah keberadaan antivirus 64-bit. Symantec (baru mau) keluar versi 10 corporate yang masih trial support di 64-bit nya. Padahal pake Windows tanpa Antivirus sama dengan pake Sport Cars tanpa Seatbelt 😀
    Vista emang the worst of all. Gua inget apalagi waktu beli bulk untuk corporate client gua Norton Antivirus 2007. Yang ada udah installnya setengah mati (gede banget hanya untuk sebuah seatbelt), terus ga bisa diupdate!! User gua teriak-teriak (londo), waduh pas gua cek ternyata dia kasih update 80MB? yang artinya Norton kasih update gratis ke upgrade Norton Antivirus 2008!! What a crap. The whole 2007 version is a joke. Let alone the activation scheme.
    Now I’m happy with my custom Mac again. An aliens MacBook with SuperDrive, 250GB *soon 500GB and 4GB RAM all customed. The hate things about the Mac is Microsoft Office 2008 sux like hell. It doesn’t perform as responsive as Office 2003 for Windows. Hell I should wait to OpenOffice 3.0 for Mac for my long document tenders.

  3. 2 tahun yang lalu, beberapa proyek lawas saya, sudah menggunakan hardware RAM 32GB, dual opteron, scsi striping dll (Untuk program2 (s/w dan h/w ) musikal dan theatre).
    dan tentunya menggunakan xp64bit untuk os nya, masih disayangkan sampai detik ini masih banyak yang kurang kompatibel.
    Mudah2an landasan os 64bit akan semakin baik kedepan.

  4. saya mah, daripada pake os yg berat2, mending balik ke win 98, tuh os paling ringan yang pernah saya coba.. Coba win xp 64 bit?? Belom ada prosesor yang betul2 dukung os 64 bit sampe sekarang, menurut saya loh..

  5. bro, brp harga win xp 64 bit? home n pro. memori gw dah 4 giga, tapi cm k bc 3 giga. tlg ya bro

  6. mang ilham ini solusinya:
    berpindahlah ke sistem xp 64 hanyalah karena ram.. processor.. dan kecepatan..
    jika pake xp 32 bit :
    – ram ga kerja maksimal 4 gb jadi 3.25
    – sering crash dan eror
    – aplikasi hanya diberikan maksimal ram space sebayak 2gb
    – aplikasi berat tetep jadi berat
    – diperuntukkan untuk game
    jika pake vista:
    – busyeetttt, lelet banget, ga jauh beda dengan kompi nenekkku..
    – tampilannya ga pengaruh ma kinerjanya..
    – jadi mirip linux daripada windows
    – lama banget untuk sebuah process
    – program berat tetp juga berat, tapi process handle memorynya cepat
    – untuk mengatur file, vista sangat aman.. saking amannya, ngopi filenya lama
    – ga semua program xp bisa masuk ke sini.. harus cari program yg compactible..
    solusi…
    xp 64 :
    – ga berat
    – xp yg dimodifikasi
    – ga perlu cari software baru
    – dapat menghandle program dengan alokasi memori lebih dari 4gb ..
    – dapat merender dengan kekuatan maksimal processor
    (3dsmax n vray) >> kekuatan yg hebat
    – tak ada ram yang terbuang
    – lebih cepet dari xp 32 bit dan vista 64 n 32
    jika ada hal yg kurang compactible..
    – tinggal cari updatenya di internet
    – kalo program jadul yg ga bisa, cari aja penggantinya (mirip cewek kali yah).. software dan wanita ga jauh beda.. piss bu..
    – driver yg ga isa kebaca, diupdate aja, ato didonlod versi 64 bitnya.. sejauh ini ga ada masalah dengan hardware.
    xp 64 == my favorite system
    oh iya, masalah virus..
    virus,trojan dll.. >> bukan kelemahan xp.. tapi emang dari dulu jika penggunanya banyak, banyak juga virusnya..
    sama juga dengan mac >> semakin banyak orang pake mac, ntar banyak juga virusnya.. coba aja..
    yg terpenting >> buat kompi >> kasih system >> kerja >> dapet duit..
    piss bro

  7. btl brur
    emang vista 32 bit lebih bnyk di gunakan tp pengalamanku pake vista 32 bit trus pake ram 4 gb malahtidak ngenali yang tercantum di system haaaaanya 3325 mb, i pernah tanya banyak yg bilang tu karena vista 32 kurang mampu menengani ram 4 gb coba pake yang 64 bit
    tp gmn cr vista 64 bit yaw ?

  8. Saya baru aja coba pake XXP 64 bit.., dengan sistem yang hampir mirip dengan ryosaeba.., Quad Core 6600 dengan DDR II 8GB..,
    Pada awalnya driver untuk soud belum bisa support yang 64bit dan harus di download dulu, setelah itu…, beres..
    Yang jadi masalah sekarang saya coba instal norton internet security 2009 ternyata gak support XP 64 bit.., lhaa…, terus piye iki? pake apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *