cassette tape mp3 player


cassette tape mp3 player

tape mobil yang saya pakai sekarang ini masih tipe biasa, cuma ada radio AM/FM dan memainkan kaset. karena sudah mempunyai iPod, saya sudah mencoba menggunakan FM transmitter maupun cassette adapter. bagi saya, kualitas suara FM transmitter masih kalah ketimbang kaset, sementara menggunakan cassette adapter agak repot dengan kabelnya. sampai akhirnya saya menemukan sebuah mp3 player yang berbentuk seperti kaset biasa dan bisa berfungsi seperti kaset biasa ketika dimasukkan ke dalam tape mobil. benda ini saya temukan di Deal Extreme, yang berlokasi di Hong Kong. berhubung harganya yang relatif murah, di bawah USD17, dan ongkos kirim gratis, saya memesan satu buah. barang sampai kira-kira 3 minggu setelah pemesanan.

cassette tape mp3 player ini bisa membaca kartu memori SD/MMC normal maksimum 2 GB. selain bisa dipergunakan sebagai kaset biasa, dia juga bisa menjadi mp3 player yang berdiri sendiri, sudah tersedia colokan audio 3.5mm. untuk mengisi batere, dipergunakan colokan mini USB 5 pin yang ada di sebelah colokan audio. saya pernah lupa mematikan kaset ini sewaktu parkir di kantor, dan sewaktu kembali ke mobil baterenya sudah habis. saya perkirakan daya tahan baterenya tidak sampai 6 jam dari terisi penuh.

setelah mencoba selama seminggu memakai kaset ini di mobil, kualitas suara memang lebih bagus ketimbang FM transmitter, setara dengan cassette adaptor belkin milik saya. kaset ini belum termasuk kartu memori SD/MMC. dan karena kapasitas maksimum cuma 2 GB, maka saya membeli kartu SD kapasitas 2 GB yang harganya cuma 40 ribuan rupiah. murah meriah!
yang menjadi masalah adalah sifatnya yang benar-benar seperti kaset, urutan lagu akan tetap sama tiap kali dimainkan di dalam tape mobil. saya tidak menemukan fungsi shuffle / memainkan lagu secara acak. lagu bisa diloncati dengan menekan fast forward atau rewind, namun berdasarkan review di Deal Extreme, ada yang tidak berhasil melakukannya. saya sendiri bisa meloncati lagu, namun agak sulit melakukannya. jika menekan fast forward terlalu sebentar, tidak terjadi apa-apa, namun jika terlalu lama, tape mobil seakan mendeteksi kaset sudah habis lalu berbalik arah memainkan lagu.
keluhan yang lain adalah ada beberapa lagu yang saat mulai dimainkan terhenti sejenak sekitar setengah sampai satu detik di awal, namun berjalan lagi dengan normal kembali. dan ini terjadi di lagu-lagu tertentu saja, saya masih belum menemukan apa penyebabnya. satu hal lagi, colokan mini USB yang sebenarnya berfungsi mengisi batere, jika saya tancapkan pada sistem operasi Mac OS X, dia tidak dikenali sebagai media penyimpan. hal yang sama saya coba di Linux, kaset ini langsung dikenali sebagai media penyimpan. namun karena murahnya barang ini, saya pikir hal ini masih bisa diterima. teman di kantor ada yang menunjukkan katalog benda yang sama dijual di Indonesia seharga 200 ribu lebih, sehingga memang masih lebih murah membeli langsung dari Hong Kong.

, ,

20 responses to “cassette tape mp3 player”

  1. FM transmission emang dibatasi cuman sampai 15KHz, jadi rasanya mendem 🙁
    Tapi biasanya head unit yg kagak ada Aux In, punya RCA connector buat external CD changer… saya masukin lewat sini.
    “kartu SD kapasitas 2 GB yang harganya cuma 40 ribuan rupiah. murah meriah!” Kemaren barusan bersih bersih nota lama. 2 tahun lalu beli SD Card 2GB S$90 alias Rp 500 ribuan… wakakakaa

  2. wah boleh nih, secara gua kesulitan mo cari player multi buat mobil karena tapenya sudah teritegrasi dengan dashboard dan jarang ada yg berani bongkar.
    link link link 😀

  3. kalo cassetenya dimasukin ke tape mobil apa masih bisa tuh tombol dicassete di pencet kan cassetenya masuk semua ke tape. gmana?

  4. kalo dimainin di tape recorder biasa bisa kagak ya???
    trus kalo barang tape adapter gt, dimainin di tape recorder bisa kagak?? thanks

  5. JIah… gini hari gue baru tau ada barang kayak ginian…… sepele tapi sebenernya banyak yang butuh nih !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *