resize partisi bootcamp di mac


di milis id-mac hari ini muncul sebuah pertanyaan:

Mau nanya, saya ada buat bootcamp dengan alokasi untuk bootcampnya jadi 32GB. Ternyata setelah di install jendela dan bbrp sw yg khusus jendela, spacenya kurang. Apa partisinya bisa di tambah? Kalau bisa caranya bagaimana ya? Atau harus di partisi ulang, yg berarti harus install jendela semua dari awal?
Tolong pencerahannya dan terima kasih sebelumnya.

pertama, disclaimer. cara yang akan saya tuliskan di bawah ini menuntut pengetahuan pemakaian terminal, dan juga familiarity dengan linux ubuntu. jadi kalau tidak pernah main-main dengan terminal, lebih baik berhenti membaca.
kalau ternyata tulisan saya masih dibaca, disclaimer sekali lagi: saya tidak bertanggung-jawab atas kerusakan/kehilangan data yang mungkin terjadi. akan sangat lebih baik anda backup dulu semua data anda (baik mac maupun windows).
hal-hal yang dibutuhkan:

  • sebuah livecd ubuntu, yang dipakai dalam tutorial ini adalah versi 9.04 alias ubuntu jaunty
  • aplikasi refit, untuk memunculkan boot menu

yang pertama perlu dilakukan adalah memperkecil partisi mac. ini dicapai dengan cara:

  1. boot ke mac
  2. buka terminal
  3. ketik perintah “diskutil list“. ini contohnya di macbook saya:
    [sourcecode language=’bash’]$ diskutil list
    /dev/disk0
    #: TYPE NAME SIZE IDENTIFIER
    0: GUID_partition_scheme *232.9 Gi disk0
    1: EFI 200.0 Mi disk0s1
    2: Apple_HFS Scorpio 190.0 Gi disk0s2
    3: Microsoft Basic Data WinBook 33.4 Gi disk0s3[/sourcecode]
  4. yang perlu dicatat adalah nama device tempat partisi “Apple_HFS” berada. pada contoh di atas, berarti ada pada “/dev/disk0s2
  5. langkah berikutnya adalah mencari tahu batasan seberapa besar partisi tersebut bisa di-resize, dengan mengetikkan perintah “diskutil resizeVolume /dev/disk0s2 limits“. ganti “/dev/disk0s2” sesuai dengan catatan di #4. hasilnya kira-kira seperti ini:
    [sourcecode language=’bash’]$ diskutil resizeVolume /dev/disk0s2 limits
    For device disk0s2 Scorpio:
    Current size: 204010946560 bytes
    Minimum size: 153055330304 bytes
    Maximum size: 204010946560 bytes[/sourcecode]
  6. dari hasil #5, bisa dilihat partisi mac masih bisa diperkecil sampai dengan kira-kira 150-an GB (tapi ini sangat tergantung pada kondisi fragmentasi hdd anda). misalnya saat ini partisi mac anda adalah seperti di atas, dan anda ingin menambahkan sekitar 20 GB untuk partisi windows, maka anda butuh menciutkan partisi mac sebesar 20 GB, dengan perintah seperti ini: “diskutil resizeVolume /dev/disk0s2 180G“, sesuaikan nama partisi dan besar partisi yang diinginkan dengan kebutuhan anda
  7. jika #6 berhasil dilakukan sampai selesai, silakan restart mac anda, lalu skip ke #9. lama proses tergantung pada besar data yang dipindahkan, saya pernah menciutkan partisi sebesar 60 GB memakan waktu sekitar 5 jam
  8. jika gagal, berarti partisi mac anda mengalami fragmentasi dan ada file-file yang terletak di ujung luar partisi yang tidak bisa dipindahkan oleh diskutil. saya tidak akan membahas ini, yang bisa saya bantu hanyalah gunakan aplikasi defrag seperti iDefrag untuk melakukan defragmentasi (harus boot pakai cd iDefrag), atau coba lakukan resizing volume ini melalui dvd installer leopard
  9. jika proses resize telah berhasil, saya sarankan untuk menginstall aplikasi refit, agar saat boot kita bisa memilih mau boot ke partisi mana (refit bahkan bisa dipergunakan untuk boot ke external device)

demikian langkah untuk memperkecil besar partisi mac. langkah berikutnya adalah memperbesar partisi windows dengan memanfaatkan ruang kosong yang tersedia akibat proses penciutan partisi mac tadi:

  1. masukkan livecd ubuntu ke dalam mac anda. reboot, dan saat refit muncul, pilih boot dari cd ubuntu tersebut. jika anda menggunakan macbook/mbp, disarankan untuk memasang USB mouse, karena trackpad mac di ubuntu terasa aneh pemakaiannya (terlalu sensitif, gampang terjadi salah klik)
  2. setelah masuk ke desktop ubuntu, klik menu System – Administration – Partition Editor
  3. cari partisi windows anda. biasanya ditandai dengan dengan label/bingkai (frame) warna hijau dan pada kolom “File System” tertulis “ntfs“. kalau langkah-langkah sebelumnya dijalankan dengan benar, seharusnya di sebelah kiri blok partisi windows tersebut ada “ruang kosong”, hasil penciutan partisi mac anda. klik kanan partisi windows ini, klik “Resize/Move“, lalu perbesar partisi ini sesuai dengan ruang kosong yang ada tadi, lalu klik tombol “Resize/Move“. klik tombol “Apply” yang ada di atas. tunggu proses resize selesai

voila, partisi windows anda sudah bertambah besar! sekarang shutdown desktop livecd ubuntu anda, lalu coba boot ke mac atau ke windows.

, , ,

6 responses to “resize partisi bootcamp di mac”

  1. Parition Editor yang ada di Ubuntu 9.04 juga bisa dipakai tuk memperkecil partisi HFS+ namun sayang tidak bisa digunakan tuk memperbesar.

    • ini yang di livecd atau gparted dari ubuntu yang sudah terinstall? saya kemarin coba pakai livecd jaunty, partisi HFS terlihat tapi greyed out, gak bisa diapa-apain, padahal masih kosong.

  2. Kalau sebaliknya mau memperkecil partisi NTFS dan memperbesar partisi HFS+ tanpa kehilangan data-datanya bagaimana ya Boss Ryo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *