instalasi Xgl di ubuntu dapper dengan card nvidia


Xgl dan compiz adalah desktop eye candy terbaru untuk linux. petunjuk instalasi untuk card nvidia dalam bahasa inggris (namun cukup mudah dimengerti bagi yang suka mengutak-atik linux, jadi tidak harus fasih berbahasa inggris) dijelaskan secara gamblang di ubuntuguide.org. sudah beberapa hari ini saya mencobanya, dan bisa dibilang Xgl dan compiz ini sudah bisa menyamai GUI mac os x, kalau tidak bisa dibilang malah sudah melebihinya. bug yang saya temukan berhubungan dengan rdesktop client, rendering dari remote desktop sama sekali tidak bisa muncul di layar jika Xgl diaktifkan.
sekarang ini saya juga sedang berusaha mengaktifkan Xgl di ubuntu yang menggunakan ati radeon, sayang usaha saya ini masih belum terlalu sukses, stuck saat gdm mulai aktif. jadi sempat masuk mode grafik, muncul pola background di layar, namun kemudian berhenti dengan kursor mouse cuma berputar-putar menandakan sedang busy. mungkin ada yang sudah berhasil mengaktifkan Xgl di ubuntu dengan ati radeon, bisa bagi-bagi tips dan trick-nya di sini?

, ,

9 responses to “instalasi Xgl di ubuntu dapper dengan card nvidia”

  1. Maaf.. informasinya kurang lengkap, konfigurasi XGL saya td itu menggunakan ATI radeon dengan fglrx driver yang versi 8.25.18. Jika versi drivernya dibawah itu akan ada banyak bug.

  2. saya sudah pakai yang terbaru kok… stuck-nya saat loading gdm.

    $ fglrxinfo
    display: :0.0 screen: 0
    OpenGL vendor string: ATI Technologies Inc.
    OpenGL renderer string: RADEON X800 GT Generic
    OpenGL version string: 2.0.5814 (8.25.18)

  3. […] ternyata sebenarnya saya sudah berhasil melakukan setting Xgl dan compiz untuk ubuntu yang menggunakan ATI sebagai card 3D-nya, namun yang saya tidak tahu, memang inisialisasi gdm makan waktu yang sangat lama ketimbang di ubuntu yang menggunakan card nvidia. lama inisialisasi gdm ini, ditandai dengan kursor mouse berbentuk roda lingkaran berputar-putar (menandakan busy), adalah antara 10 sampai 30 detik. karena tidak sabar, saya masuk ke console (ctrl-alt-F1) dan mencoba login, dan menyangka sesi gdm memang stuck. tutorial howto yang menurut saya paling gampang diikuti ada di forum compiz. Published in: […]

  4. keren keren… dah lama baca pas baru announcement bakal di incorporate di SUSE 10.1, halah kemaren padahal install ubuntu 6.06 ga keburu ngoprek ga tau kalo da ada wakakaka.. lagi sibuk kejar tayang closing project pak 😀 … I’ll catch up later 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *