picasa untuk linux


selama ini saya sangat puas menggunakan picasa untuk mengkatalog file image dan video di dalam komputer. tadinya hanya bisa jalan di windows, kini google telah membuat picasa bisa dijalankan di linux dengan bantuan wine dan mozilla.
anda tinggal mengunduh picasa untuk linux yang telah disediakan oleh google dalam 3 bentuk: rpm, deb dan bin (self -extracting installer). karena saya menggunakan ubuntu, maka saya mengunduh paket debian-nya (deb). instalasi sangat mudah (dpkg -i picasa_2.2.2820-5_i386.deb), dan setelah proses instalasi beres, picasa sudah bisa dijalankan persis seperti sewaktu dijalankan di windows; dia akan melakukan penelusuran ke seluruh media penyimpanan untuk melakukan katalog terhadap semua file image dan video yang ditemukan. sekarang, andai saja google membuat versi mac untuk picasa ini, seperti sewaktu google membuat versi mac untuk google earth. memang sudah ada iphoto di mac, tapi relatif lebih lambat ketimbang picasa.

, ,

2 responses to “picasa untuk linux”

  1. sayangya picasa versi linux itu ga native di linux… alias versi windows yg dijalankan di linux lewat emulator… gw masih menantikan yg bener2 versi linux…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *