internet connection sharing di ubuntu dapper drake


sudah seminggu lebih saya menggunakan ubuntu 6.06 LTS dapper drake. dan seperti biasa, saya direpotkan dengan melakukan googling untuk melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan dengan instalasi ubuntu saya yang baru. kali ini saya akan menuliskan apa saja yang telah saya lakukan agar bisa menjadi catatan saya di kemudian hari.
sebelumnya saya menggunakan ubuntu 5.10 breezy, dan tadinya saya berharap saya bisa melakukan upgrading dengan dapper ini. ternyata harapan saya salah, cd dapper ini tidak ada opsi untuk melakukan upgrade. padahal sewaktu saya dulu mengunduh dvd dapper flight 3, ada opsi untuk melakukan upgrade. sebagai catatan, lebih baik menaruh /home di partisi lain, agar proses instalasi tidak membuyarkan personal setting yang sudah ada.
kembali ke topik, saya akhirnya mendapatkan petunjuk untuk melakukan internet connection sharing di ubuntu. akan saya tulis ulang di sini dalam bahasa indonesia. konfigurasi saya adalah sebuah komputer yang mempunyai dua ethernet, dan salah satu ethernet-nya terkoneksi ke internet.

  1. mulai dengan melakukan konfigurasi network anda sampai anda bisa koneksi ke internet dengan desktop anda. lalu konfigurasikan ethernet yang terkoneksi ke jaringan lokal agar memiliki IP statik, sebagai contoh saya di kantor menggunakan 192.168.0.1, di rumah menggunakan 10.0.0.1.
  2. edit file /proc/sys/net/ipv4/ip_forward (sudo nano /proc/sys/net/ipv4/ip_forward), ganti angka 0 menjadi 1.
  3. jalankan perintah sudo iptables -t nat -A POSTROUTING -j MASQUERADE.
  4. lakukan instalasi dnsmasq dan ipmasq: sudo apt-get install dnsmasq ipmasq.
  5. restart dnsmasq: /etc/init.d/dnsmasq restart.
  6. konfigurasikan ipmasq agar dijalankan setelah network aktif: dpkg-reconfigure ipmasq
  7. tambahkan baris net.ipv4.ip_forward = 1 ke dalam file /etc/sysctl.conf: sudo nano /etc/sysctl.conf.
  8. untuk mempermudah setting klien internet connection sharing ini, bisa juga dengan menambahkan sebuah DHCP server, namun belum saya lakukan pada saat ini.
  9. di klien, lakukan konfigurasi agar gateway dan DNS merujuk ke IP instalasi ubuntu ini.
, ,

4 responses to “internet connection sharing di ubuntu dapper drake”

  1. gw sebel banget, desktop ubuntu yang gw mulai dr hoary, trus gw mix sama kubuntu breezy plus sekian banyak aplikasi dr cd2 gratisan yg gw dpt dr sana/i spt zope, webmin,desknow mail server, wildfire etc HANCUR 🙁 gara2 gue nekat nginstall si dapper. Waktu dari hoary ke breezy cukup pake synaptic trus add cd, sekarang kan gak bisa lagi. Akhirnya gue tiban tuh ubuntu blasterannya. Sekarang gw lg bingung gimana bs punya desktop kayak kemaren… Mau download dari internet, speedy gw masih ngutang. Uh nasib…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *