surga kaum penipu


hari ini dari milis mediacare saya membaca posting sebagai berikut:

Saya ingin menyampaikan pengalaman yang baru saya alami pagi ini, Jum’at 10 November 2006. Pagi tadi, adik saya mandi dengan sabun Merk Lifeboy. Saat mandi ia menemukan di dalam sabun tersebut sepotong kertas yang dibungkus plastik.
Kertas tersebut bertuliskan, “Selamat Anda pemenang hadiah ke I sebuah Mobil Honda Jazz” Untuk konfirmasi silakan hubungi hotline PT.Unilever 68553411 atau hubungi Bp.Beny Wijaya Promotion Manager Unilever 085885842552. No undiannya adalah 073990. Undian ini berlaku hingga september 2006.
Setelah membaca kertas tersebut, selesai mandi adik saya langsung menghubungi Hotline yang disebutkan dan benar saja ketika ditanyakan perihal undian tersebut si penerima telp langsung mengatakan kalau adik saya adalah pemenang Honda Jazz namun untuk detailnya disuruh menghubungi Bp.Beny Wijaya.
Saat menghubungi Bp Beny Wijaya dia diberitahu kalau masa berlaku undian ini sudah habis sehingga mobil Honda Jazz yang sedianya sebagai hadiah saat ini sudah diserahkan ke balai Lelang Balindo yang ada di Cibitung Bekasi dengan alamat Jl.Mohamad Luthfi Kav.52 No.28 Cibitung Bekasi untuk dilelang hari ini.
Namun, karena lelangnya baru akan berlangsung pk 11.00 wib –saat itu kira kira pk 10.00 wib– maka Bp Beny Wijaya mengatakan kepada adik saya bahwa masih ada kesempatan untuk mendapatkan hadiah tersebut yaitu dengan membatalkan lelang.
Untuk itu, adik saya disuruh menghubungi balai lelang tersebut untuk berbicara dengan Bp.Ricky Fandi di no telp 081584290098. saat dihubungi Bp. Ricky Fandi membenarkan bahwa lelang masih bisa dibatalkan namun adik saya harus membayar biaya pembatalan lelang yaitu sebesar Rp 3.500.000 ke rekening Bp. Eko Sarwono 0097812986 di Bank BNI sebelum pk 11.00 wib.
Dia juga memerintahkan, setelah ditransfer slipnya agar langsung di Fax ke : 021 8604846. Setelah fax diterima baru pembatalan dapat dilaksanakan.
Merasa yakin akan undian ini adik saya menelpon saya dikantor dan minta saya langsung transfer uang tersebut sebelum pk 11.00 wib. Karena saya merasa kurang yakin maka saya tanya 108 no hotline dari PT Unilever yaitu 5262112 (beda dengan hotline pada Undian). Saat saya hubungi, benar no dari 108 ini adalah PT. Unilever. Oleh operator saya disuruh langsung menghungi telp Suara Konsumen Unilever di 5299 5299.
Saat konfirmasi kepada operator penerima telp tentang undian tadi, operator langsung menjawab bahwa itu adalah penipuan. Menurutnya, penipuan semacam ini sedang marak di Sumatera dan Jawa.
Saat saya tanya bagaimana mungkin kertas pemenang undian itu ada didalam sabun, ia menjelaskan para penipu ini membeli sabun lifebuoy dari supermarket – supermarkat kemudian dengan cara mereka sendiri memasukkan kertas bertuliskan pemenang undian tersebut kedalam Sabun Mandi (bukan dalam kemasan) setelah itu mereka kembalikan lagi ke suprmarket tersebut.
Saat konsumen membeli bisa saja mereka mengambil sabun yang sudah direkayasa tersebut. selanjutnya seperti yang adik saya alami. Semoga cerita ini dapat membantu konsumen lainnya agar hati-hati dengan modus penipuan ini.
Haryono (harry_9830@yahoo.com)
Jl.Jembatan Batu No.48 Jakarta Barat

ciri utama ini adalah sebuah modus penipuan, seperti yang pernah saya alami sendiri, adalah nomor kontak seluruhnya adalah nomor prabayar. namun tidak seperti penipuan ala undian carrefour, surat pemberitahuan menang undian disisipkan di dalam sabun lifebuoy!
hal ini tentu saja menimbulkan beberapa pertanyaan. yang paling pertama adalah, bagaimana sikap unilever sebagai produsen sabun lifebuoy ini menyikapinya? apakah membiarkannya saja? tindakan menyisipkan secarik kertas yang terbungkus plastik di dalam sabun pasti akan mengubah keaslian produk sabun tersebut. dan kalau memang sabun tersebut sudah direkayasa, apa jaminannya bahwa produk sabun lifebuoy itu adalah sabun yang asli? bisa saja tinggal bungkusannya yang asli, isinya ditukar dengan tiruan yang lebih murah.
lalu dengan dicanangkannya registrasi pelanggan prabayar, apakah penipuan yang mengandalkan nomor telpon prabayar ini tidak bisa ditekan? bukankah pemerintah seharusnya bisa meminta data dari pemilik nomor yang dipergunakan untuk melakukan penipuan tersebut? dan andaikan data tersebut palsu, apakah tidak bisa dilakukan pemblokiran nomor tersebut agar korban penipuan tidak bertambah lagi?
ataukah memang indonesia ini adalah surga bagi kaum penipu? lihat saja maxgain, sampai saat ini pun masih tetap terus mengirimkan lowongan kerja palsu tanpa ada tindakan apapun terhadap mereka. untuk kasus penipuan undian carrefour saja boro-boro pelakunya ditangkap, masih ada saja kok yang menerima surat pemberitahuan bahwa mereka mendapatkan honda jazz dari carrefour.

,

17 responses to “surga kaum penipu”

  1. Nama pelapornya sama dengan nama asliku ;))
    Aku juga dapat emel itu di milis kampusku:
    http://tech.groups.yahoo.com/group/stiki/
    *supam*
    Prioritas dalam birokrasi salah satu yang menyebabkan lambatnya proses penanganan kasus seperti itu. Coba seandainya ada keluarga petinggi yang kena, mungkin segera diproses tuh.
    Misalnya ada anak KAJARI yang kena tipu, anak buahnya segera bertindak deh 🙂

  2. Kita termasuk yang suka menipu diri sendiri kali, Bang. Jadi mungkin tidak perlu bantuan orang lain untuk terus menerus membohongi diri sendiri. Sedih nggak? Jangan sedih ya. Tetap semangat!!

  3. saya kira ini karena masyarakat kita ngg diinformasikan tentang penipuan2 ini. Media kurang mengangkat isu2 yang berkaitan dengan customer watch.

  4. Yang sering adalah penipuan melalui HP, seolah kita memenangi suatu undian dan harus menghubungi suatu no. tertentu. Tapi sejak adanya registrasi nomor HP, termasuk yang pra-bayar, kok akhir-akhir ini berkurang yach? Atau ini perasaan saya saja?

  5. ha…ha…hidup penuh liku-liku…ada suka ada tawa…selamat datang di dunia nyata…bukan hanya tipu menipu merek..tipu menipu kebijakan, keadilan, hukuman, penyalah gunaan, etc banyak terjadi di sekeliling kita…zaman edan, ora edan ora keduman…zaman kalabendu, sing eling lan waspada bakal luput saka bebendu…

  6. baru aja saya dapat kupon serupa…
    dari sabun lifebuoy juga..
    yang kerennya lagi..
    ada tertulis
    HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN!!!
    nah tu khan…
    udah diingetin dulu kalau itu bisa aja penipuan..
    hem…
    penipu yang baik..
    ha..ha…

  7. Dari tahun ke tahun penipuan terus berlangsung dengan berbagai modus, kami mencoba mengkoleksi informasi-informasi ini dari pencarian di internet.
    Semoga bermanfaat buat kita semua

  8. saya juga baru dapet kupon berhadiah ni… tepatnya dari rinso. kupon ada di dalam kemasan yang bunyinya kira-kira seperti ini: “selamat anda mendapatkan sebuah mobil toyota avanza untuk informasi lebih lanjut hubungi no konsumen 08888623588 atau 08888623599” setelah saya telepon dari sana di jawab benar katanya tapi dengan syarat saya harus menanggung biaya pajak sebesar Rp.2.900.000,- gimana ni saudara sekalian kira-kira benar nggak ya?? mohon petunjuknya.

  9. to andi
    udh jelas gak bener lah…nomor2nya aja semua nomor hp..
    becandain aja bro…bilang aja..”saya mau bayar kl udh terima mobilnya lengkap dng surat2nya atas nama saya..smentara ini tolong bapak bayarin dulu deh…nanti kl mobil sama surat2nya udh saya terima..saya ganti deh duit bpk 2 x lipat”
    ngomong gitu aja ke dia kl anda lagi iseng and mau buang2 duit pulsa

  10. Gwe.pernah dapet juga ..abis beli cotton bud..eh dkponya tertulis gw menang undian n dapet motor Cb R..wakakak.kgk berez..dah..indonesia..’visit a liar indonesia 2008’B-)

  11. heheh…. ya begitulah dunia penuh dengan penipu klo g kita yang nipu kita yang di tipu… heheh……..
    mampir lah sejenak ke blog sang penipu……

  12. saya baru saja membeli rinso kemasan kios dekat rumah. eh… kaget alang kepelang dapat honda jez.
    hampir saja pingsan namun yang punya kios gitu dihubungi minta ke saya untuk cek di internet & menghubungi call center unilever. naaah, yang saya dapat ni tulisan. ya… ampun hampir saya ketipu. makasih ya pak haryono

  13. Sama,saya baru saja mengalaminya. Undian dari carrefour dan mendapatkan honda cr-v. ALAMAT yang direferensikan SAMA PERSIS, jl. Moh lutfi kav.52. MODUSnya pun PERSIS SAMA. Carrefour tolong tindaklanjuti hal ini karena amat mencoreng nama baik carrefour. Saya teman baik Pak CT dan beliau pasti tanggap akan hal ini.terimakasih..

  14. lagi sedang maraknya mah sekarang penipuan yang terjadi apalagi yang menyebutkan brand. kemaren saya juga dapat katanya dari XL AXIATA. tapi goblok banget tuh penipu gak modal banget, masa XL situsnya blogspot. haha, Tp apa daya wong yang digunakan si penipu adalah SMS GATEWAY! jadi percuma kalo diladenin atau bahkan kita balas. mending dihapus aja SMSnya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *