apa sih humas itu? saya coba cari di built-in dictionary di macbook saya, di entri public relations:

sedangkan menurut wikipedia indonesia:
Humas (Hubungan Masyarakat) atau dikenal juga sebagai Public Relation sebagai sebuah profesi adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
namun di indonesia, alih-alih meraih simpati, yang terjadi malah sebaliknya. diawali dengan tulisan didik adityo yang mempertanyakan prosedur berlangganan dan penagihan speedy:
Ceritanya begini, sudah sekitar 2 minggu-an, ibu sy di rumah sering menerima telpon yg ngaku-nya dr speedy. Malamnya br cerita ke saya & sy jelaskan kalo qta belum pernah sama sekali menggunakan SPEEDY or apply utk minta sambungan speedy. Sy jelaskan juga utk speedy butuh alat sendiri yg bisa memisahkan jalur telpon rumah dng jalur internet. jd kalo lg internetan qta tetap bisa nelpon. beda dng qta maqe Telkomnet Instan. Akhirul kata Ibu sy sudah paham apa yg namanya speedy, jd setiap kali ada yg mengaku orang dr speedy, ibu sy lsg counter back kalo di rumah itu nggak pernah pasang yg namanya SPEEDY.
NAh ini dia yg lebih serunya, kemaren di rumah kedatangan Surat PEringatan by Pos dr telkom mengenai keterlambatan pembayaran SPEEDY. Surat Tersebut meupakan surat resmi krn ada no surat, tanggal, No speedy berikut jumlah tagihan yg harus sy bayar sebesar 175rb. Sy langsung tertawa begitu mbaca SP tsb, & juga sedih koq sp segitunya manajemen Speedy ini. Wonk apply dsb-nya sj belum pernah, koq tiba2 dapet SP?? Bisa sj SP ini sy abaikan, but tp sy msh berpikiran ..utk ke depannya jikalau sy apply produk yg lainnya….kemungkinan besar utk disetujui adalah nol besar karena sy sudah ada catatan buruk mengenai ini. Seolah olah sy seperti terdakwa yg didakwa atas perbuatan yg tidak pernah sy lakukan…ANeh …Aneh….
BTW yg pengen sy sharinganya dr rekan2 semua a.l :
– Bagaimanakah proses Apply utk menggunakan Speedy?
– Adakah yg pernah mengalami kejadian spt sy ini..?
– Mohon sarannya mengenai cases sy ini, krn setelah dpt masukan dr rekan2 semua, sy akan ke Speedy center utk mengajak mereka “tertaw” bersama…
ada beberapa jawaban yang menginformasikan bahwa pendaftaran speedy memang relatif mudah, tinggal menelpon 147, dan ada juga yang menyatakan bahwa dirinya terkena masalah yang mirip, terkena tagihan speedy walaupun tidak pernah merasa berlangganan.
lalu rupanya ada seorang pembaca yang melakukan forward mail di atas ke [email protected], dan mendapatkan jawaban seperti ini:
From: A-B-H-A-D-I
To: dadhityo@…
Cc: [email protected]
Sent: Friday, April 27, 2007 7:51 AM
Subject: Re: [gadtorade] (OOT) SPEEDY…AJAIB…AJAIB….rekans telkom ysh
sepertinya …..
kelihatan banget kalo orang ini punya tendensi
dia kan “bermasalah” dengan telkom
kenapa nggak konfirm ke Telkom dulu
bagaimana permasalahan sebenarnya
bukan ujug-ujug ngajak orang ramai-ramai menertawakan telkom
saya kasihan dengan orang ini, justru dia sendiri yang akan ditertawakan
sebelum ia ditertawakan orang banyak
mari kita tolong dia agar terhindar dari tetawaan orang
caranya dengan mendoakan agar dia sadar
bahwa hal tersebut tidak benar
dan jangan lupa kita ( telkom ) juga selalu introspeksi diri
dimana letak kesalahan kitamelihat tulisannya sih kayaknya orang ini intelek / pintar banget
tapi kalo punya kepandaian dipakai untuk hal-hal buruk
justru akan merendahkan dirinya sendiri / bahkan menjadi terhina
dimata Allah dan dimata orang lain
semoga dia segera diberi petunjuk oleh Allah agar bisa tahu mana yang benar
dan mana yang salahkepada rekans telkom, mari kita tetap solid
banyak kompetitor diluar telah memakai cara2 yang kotor
untuk berkompetisijargon
yang besar memakan yang lemah ( telah lewat )
yang cepat memakan yang lambat ( juga sudah lewat )saat ini TELKOM memiliki jargon yang ABADI yaitu
yang jujur memakan yang bohong, kotor, curang dlluntuk mas dadhityo : kami terbuka untuk berdiskusi
silahkan datang ke telkom terdekatsemoga kita selalu mendapatkan perlindungan dari ALLAH SWT
aminabhadi
pr kandatel malang
yang menjadi pertanyaan, apakah benar “abhadi” ini bekerja sebagai PR Kandatel Malang? jika benar, maka memang sudah terjadi redefinisi dari arti humas itu sendiri.
Leave a Reply