humas


apa sih humas itu? saya coba cari di built-in dictionary di macbook saya, di entri public relations:
public relations
sedangkan menurut wikipedia indonesia:

Humas (Hubungan Masyarakat) atau dikenal juga sebagai Public Relation sebagai sebuah profesi adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

namun di indonesia, alih-alih meraih simpati, yang terjadi malah sebaliknya. diawali dengan tulisan didik adityo yang mempertanyakan prosedur berlangganan dan penagihan speedy:

Ceritanya begini, sudah sekitar 2 minggu-an, ibu sy di rumah sering menerima telpon yg ngaku-nya dr speedy. Malamnya br cerita ke saya & sy jelaskan kalo qta belum pernah sama sekali menggunakan SPEEDY or apply utk minta sambungan speedy. Sy jelaskan juga utk speedy butuh alat sendiri yg bisa memisahkan jalur telpon rumah dng jalur internet. jd kalo lg internetan qta tetap bisa nelpon. beda dng qta maqe Telkomnet Instan. Akhirul kata Ibu sy sudah paham apa yg namanya speedy, jd setiap kali ada yg mengaku orang dr speedy, ibu sy lsg counter back kalo di rumah itu nggak pernah pasang yg namanya SPEEDY.
NAh ini dia yg lebih serunya, kemaren di rumah kedatangan Surat PEringatan by Pos dr telkom mengenai keterlambatan pembayaran SPEEDY. Surat Tersebut meupakan surat resmi krn ada no surat, tanggal, No speedy berikut jumlah tagihan yg harus sy bayar sebesar 175rb. Sy langsung tertawa begitu mbaca SP tsb, & juga sedih koq sp segitunya manajemen Speedy ini. Wonk apply dsb-nya sj belum pernah, koq tiba2 dapet SP?? Bisa sj SP ini sy abaikan, but tp sy msh berpikiran ..utk ke depannya jikalau sy apply produk yg lainnya….kemungkinan besar utk disetujui adalah nol besar karena sy sudah ada catatan buruk mengenai ini. Seolah olah sy seperti terdakwa yg didakwa atas perbuatan yg tidak pernah sy lakukan…ANeh …Aneh….
BTW yg pengen sy sharinganya dr rekan2 semua a.l :
– Bagaimanakah proses Apply utk menggunakan Speedy?
– Adakah yg pernah mengalami kejadian spt sy ini..?
– Mohon sarannya mengenai cases sy ini, krn setelah dpt masukan dr rekan2 semua, sy akan ke Speedy center utk mengajak mereka “tertaw” bersama…

ada beberapa jawaban yang menginformasikan bahwa pendaftaran speedy memang relatif mudah, tinggal menelpon 147, dan ada juga yang menyatakan bahwa dirinya terkena masalah yang mirip, terkena tagihan speedy walaupun tidak pernah merasa berlangganan.
lalu rupanya ada seorang pembaca yang melakukan forward mail di atas ke pr@telkom.co.id, dan mendapatkan jawaban seperti ini:

From: A-B-H-A-D-I
To: dadhityo@…
Cc: gadtorade@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 27, 2007 7:51 AM
Subject: Re: [gadtorade] (OOT) SPEEDY…AJAIB…AJAIB….
rekans telkom ysh
sepertinya …..
kelihatan banget kalo orang ini punya tendensi
dia kan “bermasalah” dengan telkom
kenapa nggak konfirm ke Telkom dulu
bagaimana permasalahan sebenarnya
bukan ujug-ujug ngajak orang ramai-ramai menertawakan telkom
saya kasihan dengan orang ini, justru dia sendiri yang akan ditertawakan
sebelum ia ditertawakan orang banyak
mari kita tolong dia agar terhindar dari tetawaan orang
caranya dengan mendoakan agar dia sadar
bahwa hal tersebut tidak benar
dan jangan lupa kita ( telkom ) juga selalu introspeksi diri
dimana letak kesalahan kita
melihat tulisannya sih kayaknya orang ini intelek / pintar banget
tapi kalo punya kepandaian dipakai untuk hal-hal buruk
justru akan merendahkan dirinya sendiri / bahkan menjadi terhina
dimata Allah dan dimata orang lain
semoga dia segera diberi petunjuk oleh Allah agar bisa tahu mana yang benar
dan mana yang salah
kepada rekans telkom, mari kita tetap solid
banyak kompetitor diluar telah memakai cara2 yang kotor
untuk berkompetisi
jargon
yang besar memakan yang lemah ( telah lewat )
yang cepat memakan yang lambat ( juga sudah lewat )
saat ini TELKOM memiliki jargon yang ABADI yaitu
yang jujur memakan yang bohong, kotor, curang dll
untuk mas dadhityo : kami terbuka untuk berdiskusi
silahkan datang ke telkom terdekat
semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dari ALLAH SWT
amin
abhadi
pr kandatel malang

yang menjadi pertanyaan, apakah benar “abhadi” ini bekerja sebagai PR Kandatel Malang? jika benar, maka memang sudah terjadi redefinisi dari arti humas itu sendiri.

,

25 responses to “humas”

  1. itu dijawab secara resmi atau via milis??
    kok jawabannya teu nyambung gitu sih, selalu dilindungi Allah SWT.
    tidak propesional gitu loh

  2. Kalo Dinas Kehumasan atau Biro Humas di pemerintah, itu apa definisinya?
    Pemerintah itu perlu pencitraan atau gimana? Kok perlu humas segala..
    Hah?? Hah?? Hah?? Hah?? Hah?? Hah??

  3. untuk mas dadhityo : kami terbuka untuk berdiskusi. silahkan datang ke telkom terdekat

    duh, sudah isinya sama sekali tidak cerdas (PR kok prasangka buruk / “tapi kalo punya kepandaian dipakai untuk hal-hal buruk”), bawa-bawa nama Tuhan pula. Terakhirnya tidak ada usaha proaktif untuk menyelesaikan masalah. Cuma curhat saja.
    Mudah-mudahan pegawai Telkom bahwa, sebagai institusi monopoli yang justru banyak menzalimi rakyat, lazim kalau mereka akan banyak dapat komplain. Alih-alih “melawan” rakyat, lebih tepat jika mereka membantu rakyat untuk mendapatkan haknya.
    asumsi: email ini memang dari tim PR Telkom.

  4. btw sedikit klarifikasi – Telkom sebagai institusi banyak merugikan rakyat, tapi tentu saja bukan otomatis seluruh pegawai Telkom juga zalim.
    Tapi mudah2an para pegawai Telkom bisa maklum jika ada banyak rakyat yang jadi merasa kesal dan salah bertindak; dan kemudian bisa membalasnya dengan lebih bijak.

  5. Lho, kok malang lagi disebut2.. kotaku ini kenapa ya 🙂
    menurutku kok malah ini aseli loh. emang prnya telkom itu pinter-pinter tah? *wink*

  6. gue selalu nolak tawaran speedy…
    soalnya di rumah gue yang baru belum ada sambungan telkomnya…hehehehe….
    anehnya…
    tiap ditawarin speedy pasti CSnya langsung bilang bisa pasang sambungan kalo langsung langganan speedy.
    kalo gue ke kantor telkom cibinong untuk langganan sambungan telkom doang, CSnya selalu bilang “quota habis”….
    singkong di ragiin ,…tape deh…

  7. Tolong post header emailnya sekalian supaya kita bisa lihat apakah emailnya bener2 dari inside telkom atau bukan. kalo cuman email from, sih semua orang juga bisa ngaku PRnya telkom (maksudnya bukan PeRek-nya Telkom khan… :P)
    Saya sih bukan orang Telkom, tapi selama ini saya melihat ada peningkatan di kinerja Telkom terutama di unit customer service 147 (yg katanya dioutsource). (Saya tinggal di Jakarta)
    Soal orang speedy yang suka nelepon2, rumah saya juga pernah mengalaminya, cuman mereka nelepon menanyakan bagaimana kwalitas speedy, dan mengingatkan kalau tagihan sudah dekat. Yang bikin annoying adalah bisa call berkali2 untuk hal yang sama, tapi no big deal buat saya. (Big deal untuk istri saya, karena doi yang ngangkat telp di rumah. hahaha).
    Mas Dadhityo, tulis surat pembaca ajah ke Kompas atau surat kabar nasional lainnya… 🙂 nanti PR beneran baru keluar… Kalo lihat dari surat tanggapan di atas sih, itu kayaknya PR Gadungan, atau PR jadi-jadian (alias PR maksa karena kagak ada orang lain).

  8. […] humas ditjen postel juga menuntut: Gatot menegaskan kelangsungan uji coba digital itu sangat penting bagi kepentingan efisiensi dan efektivitas penggunaan frekuensi radio. “Ditjen Postel mendesak Dinas Perhubungan Pemrpov DKI Jakarta untuk mencabut kembali perintah pemblokiran atau perintah mematikan pemancar transmisi di menara TVRI,” ujarnya, lantang. […]

  9. haha yang satunya ngomongnya ga bener satunya ikut2an auk ah gelap. tapi selama ini saya selalu melihat dan memperhatikan kinerja humas pemerintahan, instansi swasta dan juga telkom termasuk yang saya cermati, mendingan ditulis lewat kompas, atau newspaper lain deh…

  10. mungkin hanya emosi PR sesaat kalaupun dy memang benar PR Telkom.
    Tidak dipungkiri seringkali PR mengambil tindakan bodoh yang pada akhirnya menjadi penyesalan karna banyak pihak merasa dikecewakan.
    PR juga manusia toh…
    Btw sy golongan netral y hehehe,,,

  11. Klu mnrut saya, tugas sbagian PR adalah memberikan kesan yang baik terhadap publik, apapun yang terjadi. Jika kejadiannya sebaliknya, maka PR tsb tidak paham benar ttg tugas dan fungsi PR.
    Adalah sangat disayangkn jika pebisnis menerjunkan PR tapi tidak paham dg kondsi riil konsumen saat ini, yang serba ingin dilayani dengan baik, dihormati yang semstinya.
    Semoga PR 2 lain tetp menjalankan tugas scr profesional.
    bravo PR !!!!

  12. Walah mas seorang PR tidak sepantasnya bersikap seperti itu mas PR punya kode etik yang sangat di jaga kredibelitasnya. itu hanya oknum PR saja. temen-temen bisa lihat dan bisa membaca isi dari tulisannya kok …..

  13. Speedy emang produk TELKOM, tp TELKOM hanya [enyedia jaringan saja. Selebihnya itu urusan vendor dan biasanya termasuk dalam hal penawaran. Mungkin itu yg belum diketahui banyak orang. Memang kalo ada gangguan speedy, itu mnjadi urusan TELKOM, tp kalo ada CS yg semena-mena atau sdikit maksa dalam penawaran speedy itu saya rasa bukan ajaran TELKOM. Ya mungkin sbg cara spy speedy eksis di pasaran. Saya liat emang itu PR telkom, jd bukan cm asumsi klo itu balesan dr telkom. ya kurang lebihnya kan manusia pasti ada kekurangan. kita ga bisa nyalahin aja. Mungkin pr telkom bersikap gt karna jg bukan murni or lulusan PR. Tp sepertinya dia cm pengen bilang bahwa TELKOM alwys try do the best for Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *