desproxy: tcp tunnel menggunakan http proxy


saya mengambil mail dari account gmail saya dengan fetchmail di komputer kantor. biasanya pada jam luar kantor aturan firewall membolehkan akses keluar ke port 995, namun beberapa minggu ini ternyata aturannya sudah berubah, port 995 selalu ditutup sekarang. setelah mencari-cari bagaimana cara untuk “mengitari” firewall ini, saya menemukan beberapa artikel, antara lain tulisan dari maseko mengenai http tunnel. di dalam artikel tersebut ada dua layanan yang dibahas, yaitu http-tunnel.com dan your-freedom.net.
http-tunnel.com
http-tunnel.com menyediakan layanan akses server http tunnel yang gratis namun terbatas, tampaknya yang dibatasi adalah kecepatan transfer data dan ketersediaan layanan. dari percobaan selama seminggu mempergunakan layanan http-tunnel.com, akses tercepat terjadi pada hari minggu dan senin, sewaktu masih hari libur di amerika; kecepatan transfer data bisa mencapai 14 kilobytes per detik. di hari lainnya kecepatan transfer data cukup lambat, paling tinggi 5 kilobytes per detik. program klien dari http-tunnel ini juga tampaknya masih buggy, masih suka crash tanpa sebab yang jelas. selain layanan gratis, http-tunnel.com menyediakan layanan yang berbayar, dengan kelebihan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan ketersediaan layanan yang lebih terjamin, walaupun begitu saya tidak terlalu menganjurkan menggunakan layanan ini, mengingat program kliennya yang masih buggy. untuk mengatasi masalah klien yang buggy ini, saya menggunakan aplikasi system scheduler dari splinterware versi gratis. dengan system scheduler ini, saya menjadwalkan selang beberapa waktu untuk memeriksa apakah klien http-tunnel.com ini masih aktif atau sudah crash, kalau sudah crash maka system scheduler akan secara otomatis menjalankan kembali klien tersebut.
your-freedom.net
http tunnel berikutnya adalah your-freedom.net. mirip seperti layanan sebelumnya, tersedia layanan gratis dengan batasan kecepatan transfer data sebesar 64 kilobit per detik, dan jatah koneksi 6 jam per hari dan 18 jam per minggu, dan tiap jam koneksi akan diputus dari server. walaupun layanan versi gratisnya tampaknya lebih kaku ketimbang http-tunnel.com, kliennya jauh lebih stabil dan merupakan aplikasi java, sehingga bisa dijalankan di berbagai platform yang mendukung java (sejauh ini saya sudah coba di windows xp dan mac os x). versi layanan berbayarnya tidak terkena batasan koneksi dan menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. saya tidak melanjutkan lagi menggunakan layanan your-freedom ini karena limitasi jatah waktu koneksinya yang terlalu ketat bagi saya.
desproxy
setelah sekian lama mencari, akhirnya saya menemukan desproxy. desproxy merupakan aplikasi http tunnel yang memanfaatkan koneksi http proxy, dan tidak membutuhkan server di luar jaringan lokal. kelebihan dari desproxy ini sekaligus merupakan kekurangannya; desproxy benar-benar memanfaatkan jalur http proxy yang tersedia tanpa perlu adanya server penyedia layanan http tunnel, namun itu berarti koneksi keluar sepenuhnya tergantung pada aturan yang diberlakukan pada http proxy yang dipergunakan. namun sejauh ini, kebutuhan saya agar bisa mengakses port 995 ternyata tidak dibatasi oleh http proxy kantor.
desproxy merupakan aplikasi multi-platform, bisa dijalankan di linux, *bsd (termasuk mac os x), sun solaris, dan bahkan windows dengan memanfaatkan cygwin. berikut adalah cara menjalankan desproxy di sistem operasi ubuntu feisty fawn:

  1. unduh source desproxy.
  2. unzip source tersebut (tar xvfz source.tar.gz).
  3. lakukan kompilasi dan instalasi: masuk ke folder desproxy, ./configure, make, sudo make install.
  4. jalankan desproxy sebagai socks server, misalnya http proxy server ada di 192.168.1.1 port 80 dan kita ingin menggunakan port 1080 sebagai port socks proxy: desproxy-socksserver 192.168.1.1 80 1080.
  5. sekarang kita membutuhkan socks client agar fetchmail bisa menggunakan socks proxy ini. sebenarnya fetchmail bisa langsung menggunakan socks proxy, tergantung pada parameter saat kompilasi, namun fetchmail yang tersedia dalam repositori ubuntu tidak mendukung socks proxy. ada banyak pilihan socks proxy, yang saya pakai adalah dante: sudo aptitude install dante-client.
  6. sunting file dante.conf: sudo nano /etc/dante.conf. untuk keperluan dasar, tambahkan ini:

    resolveprotocol: fake
    route {
    from: 0.0.0.0/0 to: 0.0.0.0/0 via: 127.0.0.1 port = 1080
    proxyprotocol: socks_v5
    }

  7. jalankan fetchmail: socksify fetchmail. lihat syslog (tail -f /var/log/syslog) untuk memastikan proses fetchmail berjalan.

sayang desproxy tidak dilanjutkan pengembangannya lagi sejak 8 agustus 2004. tapi pada kondisinya sekarang ini, desproxy sudah cukup memenuhi kebutuhan saya untuk mengambil mail gmail pada jaringan yang menutup port 995.


27 responses to “desproxy: tcp tunnel menggunakan http proxy”

  1. kok error ya?? ada yg bisa bantu
    chox@toshibuntu:~/MyDownloads$ tar xvfz desproxy-0.1.0-pre3.tar.gz
    ………..
    ………..
    chox@toshibuntu:~/MyDownloads/desproxy-0.1.0-pre3$ ./configure
    checking for gcc… gcc
    checking for C compiler default output… configure: error: C compiler cannot create executables
    @abu or anybody
    toonel pakenya gmn ya??
    uda dirunning file jar, trus setting proxy(127.0.0.1:8080) di browser, tp kyk’a tetep gk jalan.
    ada yg terlewatkah??
    maklum saya masih bego, bantuin ya all
    makaci…

  2. oh iya mas kalo pake protocol selaen 995 bisa ga?
    misalkan protocol mirc 6667,,gimana caranya ngatur di desproxynya?

  3. Kalau misalnya yang gratis, kok bisa sampai segitu? Soalnya yang saya tahu dibatasi hanya sampai 1,5 KiB/s.

    saya pakai yang gratis kok, dan waktu itu saja banner-nya selalu menyatakan “low bandwidth server is down, wait 3 days or subscribe to premium services”, tapi tetep aja bisa login. cuma itu sudah 2 bulanan yang lalu ya, saya sudah tidak mempergunakannya lagi.

  4. mau nanya nich gimana sich caranya ngelewatin proxy yg ke banyakan portnya ketutup, sampai biar port untuk putty juga dah ngga bisa.
    minta tolong dong di bantuin n klo bisa jawabannya di email aja
    thank’s

  5. wah… kalo mo akses email client (ex: Thunderbird) pake proxy http kan emang bisa di set di email client proxy nya (http/sock)
    tp kalo alternatif dari desproxy ini ada koq, freecap,proxyfier,proxytunnel…
    kasus diatas kan port untuk koneksi ke proxy yg ditutup…
    gmn kalo yg ditutup adalah akses proxy untuk menjelajah internet??
    solusinya ttp tunneling yang pake server kan???
    nah, ada yg tau software tunneling yang mirip your freedom ga? yang bisa milih port untuk koneksinya (jangan kayak http-tunnel)

  6. salam kenal mas, saya disini cuman mau tanya sama yang ahlinya! kbetulan mas pguna gprs garatis provider xl nih!slama ini bisa gratis hanya via hp doang, klo konek pc sih udah bisa konek cuman masalahnya ngga bisa buka halamannya..pdhal say berharap untuk googling saja saat ini dah cukup..dulupernah pake winwap, tpi kan gratisnya dibatasi limit waktu selanjutnya harus beli!! ada solusi buat saya??? sebelumnya trima kasih…saya tunggu jawabannya disini or via email saya………

  7. maaf ikutan nanya soalnya gaptek abis…. dulu saya sering browsing msn group buat baca komik trus buka hattrick untuk main game manajer bola gitu…. tapi sekarang malah gak bisa muncul web filter gitu kayak nya di block sama server pusat deh
    aduh serasa hampa deh dunia ini gak bisa browsing lagi
    please bantuannya dari para ahli di bidangnya
    bagaimana supaya bisa browse lagi

  8. eh numpang tanya dunk . melenceng dari topik …..
    bagaimana setting proxy tuh ?
    saya pakai pidgin bisa konek ke Windows Live
    Pidgin dengan setting
    server : messenger.hotmail.com
    port : 1863
    http method : gateway.messenger.hotmail.com
    proxy type : use global proxy settings
    bagaimana memindahkan setting pidgin ke setting windows live

  9. gimana cara mengatasi yahoo messenger setelah di upgrade pake meseenger8 atau 9 kok tulisan pesan kiriman tidak terlihat begitu kita mau mulai percakapan tercetak pesan ” ! An error has occurred in the script on this page..
    begitu pesannya…sehingga kita gak bisa pake yahoo messenger lagi nih….
    saya mohon teman2 yang mengerti di informasikan ke saya donk….Gimana cara mengatasinya….
    thank berat rekan2
    salam chater sejati

  10. dikantor semua client di protect, sehingga gak bisa donlot file .mpg, .mp3 dll yang filenya besar. gimana cara bypass dengan menggunakan desproxy. maklum aku gatek nich…

  11. Your Freedom terdiri dari banyak server antara lain USA, France, Canada, Germany dll tiap-tiap server tsb memang ada kalanya drop tapi adakalanya cepat (walaupun free = 64k). Saranku ganti2 aja servernya…. untuk tabel server lihat di sini
    Dan untuk setting dan install YF, lihat di sini
    Dan dapatkan trik2 lainnya antara lain ultrasurf & web proxy lainnya….

  12. mas tolong bantuannya,
    koneksi internet dikantorku sekarang diblokir semua.
    Tanpa tahu proxy kantor gimana caranya saya bisa konek internet? server kantor sekarang diblokir semua.
    Thanks bantuannya.
    Tolong kasih jawaban ke email saya juga
    suwun

  13. di kantorku juga diblok . Untungnya ada ProxyFirewall. jadi sekarang bisa berselancar, MIRC, YM dengan nyaman . tapi kalo ke CF gak bisa streaming video. tolong kalo ada yang tahu supaya bisa streaming video di CF kasih tahu. (gshart1@gmail.com)

  14. ultrasurf dijalankan mantap.. tapi ada yang bisapake yahoo messenger ada juga yang tidak, free-dom, bisa jalankan ym tapi juga nggak bisa… solusinya saya pake trilian bisa buat buka ym, ada yang lebih mak nyus nggak…. toonel gimana cara instalasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *