eudora 8, atau penelope

, ,

eudoranama eudora mungkin tidak terlalu populer di kalangan generasi muda pengguna internet saat ini, yang lebih terbiasa dengan outlook express atau thunderbird. namun di tahun 90-an eudora merupakan salah satu klien mail yang populer, dan memang merupakan klien mail yang pertama kali saya pergunakan, dan tetap terus saya pakai sampai sekitar 3 tahun yang lalu dan beralih ke gmail.

eudora dihentikan pengembangannya di tahun 2006. versi windows-nya mencapai versi 7.1, sementara versi mac-nya cuma sampai versi 6.2.4. keduanya masih bisa diunduh di situs eudora. faktor kelambatan versi mac ini termasuk salah satu alasan kuat mengapa saya meninggalkan eudora. ketertinggalan versi mac yang terlihat paling nyata adalah tidak adanya fasilitas ultra-fast search yang ada di versi windows. kecepatan dari fasilitas pencarian ultra-cepat ini benar-benar cuma bisa didekati oleh google desktop.

eudora for mac

berhentinya pengembangan eudora ini kemudian ditindak-lanjuti dengan penyerahan hak pengembangannya ke tim mozilla, yang akhirnya meneruskan pengembangan eudora ini ke versi 8 dengan nama penelope, yang berbasiskan kode mozilla thunderbird. kali ini versi windows dan versi mac-nya punya nomor versi yang sama, dan sudah bisa diunduh versi betanya.

sewaktu saya mencoba menjalankan pertama kali aplikasi eudora ver mac ini, aplikasi tidak bisa dijalankan karena thunderbird masih aktif. ini menggambarkan bahwa basis kodenya masih sangat dekat dengan thunderbird, dan ketika saya tutup thunderbird dan akhirnya eudora bisa jalan, yang tampil di layar adalah antarmuka khas thunderbird, dan ciri yang menandakan bahwa yang sedang aktif ini adalah eudora hanyalah ikon tombol yang khas eudora.

dialog peringatan
dialog peringatan untuk menutup thunderbird

tombol eudora
tombol khas eudora


11 responses to “eudora 8, atau penelope”

  1. iipazhar Avatar

    eudora sux
    the bat rulez !

  2. Yudha Avatar

    Saya masih setia nih menggunakan eudora versi 6.1 ๐Ÿ˜€
    udah males gonta-ganti lagi, karena ribet musti ekspor-impor mulu ๐Ÿ™‚

  3. Ronsen Avatar

    software aneh, mozilla mail dan thunderbird aja bisa jalan bersamaan.

  4. probodj Avatar

    Kalo saja Eudora sudah diport ke linux, mungkin saya akan kembali ke Eudora.

  5. Dedhi Avatar
    Dedhi

    Time to revisit Eudora vs The Bat war?

  6. dikshie Avatar
    dikshie

    “All mail clients suck. This one (mutt) just sucks less.” ๐Ÿ™‚

  7. Syafrudin Avatar
    Syafrudin

    IMHO,

    Kayaknya mending tetap Eudora 7.1 (sponsored version) sambil menunggu versi final dari Penelope (tahun 2008).

    jadi kangen nge-mutt.

    —Pengguna Lotus Notes—

  8. amen Avatar
    amen

    jadi apa bedanya eudora sama tbird?
    abis nutup eudora balik ke tbird sound effect new mail nya aja masih nyangkut

  9. imcw Avatar

    kalo saya menggunakan thebat dari tahun 90an sampe sekarang…setia sehidup semati…:)

  10. Naymon Simnida Avatar

    kalau eudora, cara simpan alamat email yang masuk bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *