jam jaringan matrix yang menyebalkan


pagi ini, sekitar pukul 9 kurang, saya melakukan sedikit percobaan. saya set agar nokia E61 saya selalu melakukan update waktu ke jaringan operator:

automatic update

saya memasukkan simcard XL milik saya yang dipergunakan untuk berlangganan internet CBN ke nokia E61. perhatikan jam pada tangkapan layar di E61 saya:

jam menunjukkan pukul 9 kurang 10, tidak ada yang aneh. sekarang saya coba ganti ke simcard matrix milik saya, perhatikan jamnya:

dari jam 9 kurang 10 sewaktu menggunakan simcard XL, melompat jauh ke jam 15 kurang 10 ketika diganti ke simcard matrix, terdapat selisih 6 jam. selisih jam ini cukup menyebalkan, karena saya jadi tidak bisa mempercayai jam yang terlihat di E61, dan SMS yang datang menjadi kacau urutannya dengan SMS yang datang ketika jamnya sedang benar. saya mempergunakan blue phone elite 2 untuk manajemen SMS, dan saya set agar tiap kali E61 terkoneksi jam pada E61 disamakan dengan jam macbook saya. namun ketika koneksi bluetooth terputus, jam pada E61 saya akan menjadi kacau kembali.
memang hal ini bisa diakali dengan tidak mengaktifkan auto-update pada E61, tapi lalu apa gunanya ada fasilitas auto-update di handphone? apalagi kalau pergi ke lokasi yang berbeda zona waktu, fasilitas auto-update ini sangat berguna untuk menyesuaikan jam dengan waktu setempat. saya tidak tahu harus mengeluhkan hal ini ke siapa, karena dari sisi layanan sebenarnya tidak ada gangguan yang bisa dilaporkan.


9 responses to “jam jaringan matrix yang menyebalkan”

  1. […] 18, 2008 oleh ryosaeba terus terang saya sudah kesal dengan matrix. selain soal jam jaringan 3G-nya yang di banyak area diset di GMT+1, di kawasan yang sibuk akses internetnya luar biasa lambat, kalau tidak bisa dibilang mati total. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *