salah kaprah kura-kura brazil


red-eared slider
perhatikan gambar di atas. sebagian besar akan mengenalinya sebagai kura-kura brazil. namun ketika saya coba google kura-kura brazil di wikipedia, saya tidak menemukannya. yang ketemu jenis kura-kura lain yang sama sekali tidak mirip atau dikatakan endangered, padahal kura-kura seperti ini sudah bisa dikembang-biakkan oleh manusia, jadi tidak mungkin terancam punah.
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=a9R4BKa0qgg]
setelah mencari-cari lebih lanjut khususnya tentang kura-kura peliharaan, akhirnya saya menemukan bahwa yang disebut sebagai kura-kura brazil sebenarnya adalah kura-kura berkuping merah, red-eared slider alias Trachemys scripta. saya memelihara dua ekor kura-kura kuping merah ini dalam akuarium, keduanya sudah berumur 2 tahunan dan ukurannya sudah mencapai 10 cm lebih. kura-kura ini disebut slider karena sering “meluncur” ke dalam air ketika didekati, dan memang pada dasarnya mereka adalah binatang pemalu, tiap kali didekati ketika sedang berjemur di atas batu karang, mereka langsung “meluncur” masuk air.
saya sendiri sedang berniat memberikan sepasang kura-kura ini kepada yang berminat memeliharanya. alasan saya melepaskan kura-kura ini karena mereka sudah terlalu besar dan menjadi ancaman untuk binatang peliharaan lain yang juga saya pelihara di akuarium yang sama. contohnya saya punya 4 ekor lobster yang akhirnya tinggal sisa 1 karena 3 ekor lainnya sudah dimakan oleh kura-kura ini. lalu saya pernah memelihara arawana ukuran 15 cm, mati juga dimakan oleh mereka. sekarang ini saya memelihara 2 ekor kepiting biasa ukuran 5 cm, 2 ekor kepiting merah ukuran 1.5 cm, seekor belida ukuran 15 cm, dan seekor kura-kura chinese pond.
ini adalah foto kepiting merah, yang menurut penjualnya adalah christmas island red crab:

saya sendiri sebenarnya agak ragu apakah benar ini adalah christmas island red crab, mengingat kaki dan bagian atasnya tidak berwarna merah menyala.
lalu di bawah ini adalah foto kura-kura chinese pond, sedikit lebih kecil ketimbang kura-kura berkuping merah saya:

kura-kura chinese pond ini sifatnya lebih berani daripada kura-kura kuping merah, tidak gampang panik ketika didatangi oleh orang. saya perhatikan dia juga lebih ulet dalam mencari makanan, pelet makanan yang sengaja saya taruh di atas batu karang untuk konsumsi kepiting merah bisa dicapai oleh kura-kura chinese pond ini dengan memanjat batu karang, walaupun pada akhirnya terjatuh lagi ke dalam air setelah berhasil mengambil pelet tadi.
semua foto dan video di atas saya ambil dengan menggunakan fuji F31fd.

,

156 responses to “salah kaprah kura-kura brazil”

  1. Baru tau saya, ternyata kura2 brazil yang kupungnya merah 🙂
    Kalau kura2 kecil hijau yang biasa itu kura2 mana ya?
    2 kura2 brazil palsu saya sudah lama mati karena saya kurang telaten ngurusnya 😀

  2. Hehehee… sebenarnya bukan salah kaprah boss, tapi sekem marketing tea 😀 …. crab christmas island kan jelek merah semua aja warnanya… all over the islands 😀
    Soal kura-kura dulu 2x dapet ukuran 80cm lebih waktu mancing arwana http://adinoto.org/?p=22 tapi pas dipelihara dia bertelur (1980) bingung karena minimnya informasi itu telur bisa dimakan ga… jadinya aja ga dimakan hehehe… ternyata pas liburan ke jkt disana dipasar dijual mahal (dibandingkan telor ayam ato bebek)
    Eh giliran dah tua penasaran mo nyoba, ah ga kuat ternyata baunya anyir banget ya 😀
    Hehehe

  3. klo bulus enak rasanya, tp klo kura2 ga tau deh.. heheeh. gmn sih ya caranya bikin kura2 bertelur ? sy pnya sepasang nih .. tp ga tau kapan cukup umur nya..

  4. wah..
    salut dengan orang2 yang hobbi nya ginian.
    saya dari dulu nyoba buat pelihara ikan.. cuman satu aja.. eh mati. trus coba dengan kura2 yang dikatakan ‘brazil’ kayak yang mas sebutin di atas.. eh ga sukses juga..
    akhirnya.. coba lagi.. pelihara guineapig .. berhasil…
    (soalnya yang rawat kakak saya.. )
    ternyata saya emang ga talented untuk rawat merawat ginian

  5. aku juga punya satu, baru sekitar 5 cm dulu beli 2, yang satu tewas, ternyata daya hidupnya kuat bgt, sempat ditinggal 10 hari (karena kudu istirahat di RS) tanpa dikasih makan tanpa diapa2kan masih hidup. hehehe
    baru mau carikan tempat yang layak dan teman hidupnya (tapi cari2 yang seukuran susah bgt)

  6. Aku juga baru tahu lho kalo kora2 brazil itu yang kupingnya merah, terus gimana ya cara mengembang biakkannya….???

  7. Mas, gw td malem baru dibeliin 1 pasang kura-kura yang katanya kura-kura brazil. tp sy br tau klo kura-kura brazil itu trnyata bs makan hewan lain. pdhl, dlu spupu sy jg pernah pelihara (skr uda dilepas), wkt dikasi makan ikan kecil yang nangkep dr got, kura-kura spupu sy mlh gemeter ketakutan, ngeliat teritori kekuasaannya dihuni makhluk lain yang berseliweran, padahal itu buat dimakan ama dy.
    mungkin kura-kura spupu sy wkt itu perasaannya alus bgt kali ya… hehehe.

  8. Halo ryosaeba, aku baca tulisan km, trus disitu kamu tulis “saya sendiri sedang berniat memberikan sepasang kura-kura ini kepada yang berminat memeliharanya.”, apa itu masih berlaku? karna saya jg penggemar kura-kura, jd kalo boleh saya mau terima tawaran kamu.
    tolong kasih jawaban ke email saya ya, ke anggie_fergy@yahoo.com, saya tunggu secepatnya, thx!!

  9. weh….. lam kenalzz yah
    oooh mungkin laen aja bukan salah…..
    q juga punya sepasang kura2 Brazil, sekarang umurnya sudah 5bulan dan sekarang sudah lumayan gede.
    tapi pada salah satu matanya terdapat bejolan berwarna putih,,,,, ada yang tw gak itu penyakit apa…..????

  10. saya juga punya dua ekor.saya beli saat di pameran bunga memperingati HUT Temanggung.saya beli itu sampai bela-belain bolos pembinaan dari tempat saya menerima beasiswa kuliah dan uang saku dari beasiswa saya dipotong 50ribu.jadi, kura-kura yang seharga @12.500 total harga kura-kura saya jadinya senilai 75ribu.saat saya beli diameternya kira-kira 3 cm, setelah saya rawat kurang lebih satu semester sekarang menjadi kurang lebih berdiameter 7 cm untuk kura-kura saya yang bernama “Rara” dan yang satu bernama “Kuku” memgalami keterlambatan pertumbuhan kira-kira baru 4 cm. saya sangat menyayangi mereka.

  11. saya juga punya dua ekor.saya beli saat di pameran bunga memperingati HUT Temanggung.saya beli itu sampai bela-belain bolos pembinaan dari tempat saya menerima beasiswa kuliah dan uang saku dari beasiswa saya dipotong 50ribu.jadi, kura-kura yang seharga @12.500 total harga kura-kura saya jadinya senilai 75ribu.saat saya beli diameternya kira-kira 3 cm, setelah saya rawat kurang lebih satu semester sekarang menjadi kurang lebih berdiameter 7 cm untuk kura-kura saya yang bernama “Rara” dan yang satu bernama “Kuku” memgalami keterlambatan pertumbuhan kira-kira baru 4 cm. saya sangat menyayangi mereka.ok!

  12. Kang, akang orang mana sih???
    Peliharaannya asik tuh…. Pngen dong ngobrol2 lebih banyak tentang kura2.
    Saya juga punya 2 ekor kura2 red-eared slider itu, udah 3 tahun sejak saya beli.
    Saat ini yang bisa saya lakukan cuma ngasih makan doang, tapi sebenarnya saya ingin tau lebih banyak tentang kura2 ini; bagaimana membedakan jantan dan betinanya, cara, silklus, dan kebiasaan merkembangbiaknya, pada umur berapa biasanya mereka berkembang biak, dll.
    Selain itu saya punya jenis kura2 yg lain, namanya labi2. ada yang bilang kura2 tempurung lunak, ada juga yang bilang moncong babi. udah stngah tahun saya pelihara, tapi baru namban 1cm. Tumbuhnya lama.
    Saya harap bisa komunikasi lebih lanjut sama akang, ini e-mail saya topi_kura2x@yahoo.co.id.
    Tnxs

  13. mas !kura2nya dah di berikan orang pa blum ,klo blum di kasih ke aku aja ya ?aku pehobi kura2 nih n mau nambah koleksi tapi blum ada byaya,saking sukanya ma kura2,aku pake nama torto(kura2/tortoise)untuk e-mail ku,tapi klo dah dberikan ma orang ya idah gk pa pa ,ya klo ada yg mau dikasikan lgi,kasikan ma aku aja ya?koleksi ku msih dua ekor yaitu brazil,n dilihat dari tempurung bawahnya kyaknya betina semua ,ni yg satu baru ja sakit mata tp sekarang dah mulai sembuh n dah mau makan,ya waktu sakit tu rajin2 tak jmur n jg berdoa spya cpat sembuh.bls d e-mail ku ya?

  14. waaaahhhh…….
    senengnyaaaaa……
    gue juga punya sepasang kura2 brazil, tapi masih kecil si, ukurannya aja baru 3,7cm en 4,4 cm. katanya yang jual si jantan ma betina, tapi kok setelah baca2 info kok kura2 gue kyaknya betina smua yak? :(.
    berari gue ketipu ya sama yang jual? dulu banget pas beli si katanya yang coraknya tempurung bawahnya banyak tu cewek sdgkan yang jantan tu yang dikit, bener gak si??
    btw, emangnya bener ya kata yang jual itu?
    kura2 gue si lahap banget makannya, bikin gue gak tega ngsih ke orang ato nukerin salah satu dari mereka dengan yang jantan (ande itu emg cewek smua)…..

  15. aku jga punya 3 kura-kura brazil.
    yg satu uda gde, sktr 17cm gtu. trus satunya 6cm. yg satuny lagi 4 cm. abis beliny gak barengan sih. yang 17cm itu dulu sering sya kasih ikan2 kecil sama jangkrik. kadang2 jga sya kasih cicak. piaraan sya yg lain jga dimakan. lohan ukuran 5cm, black ghost, ama lele albino. pdhl akuariumnya sya sekat loh. tp mgkn saking rakusnya kura2 sya, dia lompat gtu. eh, blom ada 2 tahun sya beli uda sgede gitu.pdhl belinya dlu cuma 3 cm aja loh…

  16. saya punya jenis ini ada 4 ekor sampai saat ini saya pikir ini kura -kura dari brazil dan di jepang juga ada persis sama karena saya hampir 15 tahu bekerja di sana tolong jelaskan dari mana asal kura -kura ini? trim,s

  17. Sori mau tanya2, mdh2an ada yg bisa beri penjelasan. Aku punya 2 ekor kura2 liar yg aku temukan dipinggir sungai (sunter/cipinang melayu) dekat rumah selepas banjir 2007 lalu di jakarta. Masing2 saya temukan dalam kurun waktu dan tempat yg berbeda. Aku pelihara sampai sekarang tetapi gak tahu jenisnya, apalagi keduanya berbeda jenis. Yang satu bertempurung gelap bentuk bundar, lbh senang di darat, kepala ada garis hijau, ukuran tempurung 20 cm, kurang aktif. Yang satunya tempurung agak oval, dibagian pinggir tempurung dekat ekor berbentuk seperti gerigi, warna agak kehijauan, kepala ada strip merah (oranye), kaki spt ada selaput kecil, (ciri2 spt kura2 brazil diatas), ukuran tubuh hampir 18 cm, sangat aktif. kedua2nya suka makan ikan kakap filet mentah, dan daging ikan lainnya. Tolong Infonya yah..

  18. waaaoow,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!
    saya mau dounk kalo mau dikasih sepasang kura-kura..
    saya sudah punya 4 dirumah dan sudah aya pelihara selama 7bulan,,yang 2 sepasang dan ukurannya juga sudah 10cm,,yang 2 lagi masih kecil,yang 1 ukurannya 7cm dan yang 1 lagi 3.5cm…
    saya sangat suka kura-kura dari saya kecil… Sejak SD saya sudah mulai memelihara tapi hasilnya gagal truzz..maklum belum mengikuti pesedur yang ada,,,he,,he,,he
    kalo belum dikasih orang,saya mau dunk,,,,,
    kabarin saya yaaaa

  19. wah itu mah saya tau !!
    saya juga punya kura2.. bedanya kura2 saya ada yang bawa samurai.. ternyata pas saya cek di paman ggogle.. ternyata jenis kura2 yang saya miliki adalah kura2 ninja!!!

  20. ak pnya kura2 brazil sepasang, olive ma popeye, tp kog si olive g mw maem y?ud bbrp hari ne, dy g doyan maem, dy jd g banyak gerak gt.. kira2 makanan ap selain makanan khusus kura2, kubis, wortel, dsb, yang kura2 mw?makasih

  21. maaf,saya juga hobi kura kura,tapi saya ingin jual.karena pekerjaan sekolah saya banyak.jadinya waktu memberi makan kadang2 lupa.begitu!jenis brasil juga,umurnya sekitar 4 tahun lebih.bagi anda yang berminat hubungi saya diemail; irfan.baihaqi@yahoo.co.id makasih.Wassalam………

  22. akatsuki
    komunitas pecinta kura kura,ada gak?karena saya ingin tukar informasi.Begitu.Wassalam……………………..

  23. wah kura – kuranya bagusss….
    punya yang jantan gakk!!???
    kawinin yuk ama punyaku soale aku punyane betina
    cantik loooh…..namanya Gresifana…..

  24. wah… msih ada yang mau nglepasin kura2nya lagi gak ya?
    so’alnya aq punya 1 kura2 ”brazil” juga, jenis kelaminya betina.ukuranya udah 20 sentian.usianya hampir 5 tahun.skarang dia lagi jomblo… stelah beberapa waktu yang lalu dia ditinggal mati pasangannya…
    so bagi yang punya kura2 brazil (khusunya jantan) yg mo di lepasin, hub aku ya di a.phudy@yahoo.com
    oh iya, ada satu hal lagi yang aneh dari kura2ku. diatas di sebutin kalo kura2 jenis ini pemalu… tapi kok punyaku ini malah malu2in ya… coz klo waktu ku lepas dalam ruangan, dia sering ngejar2 aq… dia juga cukup friendly ma aku.. bahkan pernah sekali dia naik ke punggungku waktu aku lagi tiduran di lantai sambil ngegame….
    mungkin itu akibat dari keadaanya yg lgi jomblo ya… he2..
    jadi ga ada kura2,manusia pun jadi n_n
    si ya…

  25. wah,mau dikasih ke orang yang berminat y mas?
    q mau dunk…
    q di rumah punya 2 yang umurnya udah 2 tahunan,pnjgnya y kira2 10-15 cm.
    teruz q jg beli lg 5 ekor yang kecil2.
    q penggemar berat kura2…
    q gy nabung buat bli kura2 yg mirip aligator ma kura2 yg tempurungnya kuning…
    tapi harganya mahal bgt…

  26. kura2 sy panjangnya uda 10 ama 15 cm, uda bikin cuil jari sy gara2 sy sogok2 pake jari, ada caranya bikin jinak om ?

  27. oi mau donk klo dksih kura2 brazilnya, aq punya 2 d rumah skrang ukurannya dah 30cm-an n bru 2 hari kmren btelor wahwhahwahwhahwhawh senangnya….
    maslahnya gmn cranya ngurus telornya….
    klo ada yg pnya pnglman atw ilmuny mo donk dbagi
    email aj ke po_deepz@yahoo.com
    makasih

  28. salam kenal semuanye..
    oo..kura2 brazil yg warnanya merah toh,,,ehh maksudnya kupingnya….
    wahhhh cw ane juga punya tuh spasang..nmanya iky&pipu,,,heee
    tp ane juga ga perhatiin tuh,,,,kupingnye…kira2 asli kura2 brazil pa bukan ya,,,tp walau bkn kayanya cw ane da sayang ma tuh hewan…ampe pake penyaring air sgala…
    klo urusan makan pliharaan laen,bner juga tuh…ikan yg ada d aquariumnya,juga da pada abis d mangsa…
    gara2 cw ane pergi seharian&lupa ngasih makan…
    ane mo nnya nh,kira2 berapa lma tuh kura bisa bertelur?
    satu lagi nh..ada forum nya ga tntang kura2? klo ada kirimin alamatnya k patrixs.doank@yahoo.com
    makasih ye…

  29. SEDIKIT TENTANG kura-kura Brazil (Brazil Turtle)
    ciri2 fisik:
    Berwarna hijau tua dengan garis garis kuning dan memiliki bercak merah pada setiap sisi di kepalanya. Kura-kura ini dapat mudah dibedakan oleh rahang bawah nya yang lebih bulat dibanding jenis pseudemys yang lebih kotak. Jari-jari kaki belakangnya dihubungkan oleh selaput seperti bebek karena mereka hewan air.
    Membedakan jenis kelamin:
    Jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. Kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.

  30. Saya juga peliara kura kura, saya sich membelinya dulu seharga 10rb katanya jenis kura kura brazil, menurut catatan saya, saya memelihara sebanyak 7 ekor, tetapi semuanya mati, sekarang tinggal 1 dan sudah saya pelihara selama 26 bulan. Bingung jadinya, kura kura saya itu jenis apa? tetapi ganas juga, sama Om, lobster saya 5 ekor tinggal 1 ekor. Ukuran kura kura saya sudah sekitar 21 cm.

  31. tp kn..sy pelhara kura-kura yg same jugak..
    tp..kenape kura-kura ini mudah mati..
    ape yg awk bg ek kt kura-kura nie makan untuk kekal hidup…
    ceritalah..
    sy bdk baru belajar..
    heheh…

  32. mas, ane jg punya yg kuping merah, gedenya dua kali telapak tangan, tp ga ada jantannya. mas tinggalnya dimane?ane tinggal di Padang,….

  33. oooo jadi begitu toh ternyata turtles yang dari brazil itu
    bukan yang selama ini kita jumpai di pasaran saya punya
    kura-kura madagaskar sekarang ukurannya sekita 15cm
    sekarang saya sembunyikan soalnya waktu itu hampir kea razia

  34. Saya punya kura-kura tapi ga gede perasaan…skarang dah 4 taun dipiara dari waktu baby kura…
    trus saya mau tanya klo kura-kura punya kuping ga yah?

  35. w juga puny…, tp gk tw skrng msh hdup pa gk….
    cz dah w tinggalin d kota asal w,….
    pas w tinggalin, yg satu dah lebih 20cm batok’y (diameter batok dr depan mpe blkng)…
    trus yg satu lbh kecil dikit kira” 15-17cm…
    dr pengalaman, plihara gt gmpnk” kuk, kalo gk pengen dia ganas, ya jgn skali” kasih mkn daging…. (da baik’y di taruh ndiri trus di kasih pelet’y ja slama brapa bulan) baru tu di gabung ma mahluk lain….
    trus masalah dia gemetar kalo da mahluk baru ntu dah kebiasaan dia….
    kemaren yg pas w gabungun dua” d satu t4, ya kegh gitu tingkah laku’y….
    oh ia, kalo yg pengen dia cpt Gd, ada baik’y d taruh di tempat luas…(wilayah jelajah mahluk gitu juga mempengaruhi pertumbuhan) sama kegh jenis ikan predator lain….
    eh ini cuma brdsrkan pengalaman w ja yah….
    adrian, madagaskar dapat d mana?, itu baru cadas…

  36. saya juga dulu punya seekor kura2 brazil yang saya beli di petshop, saya sudah simpan itu kura di kolam hias mulai dari dia masih kecil, tetapi sama seperti cerita mas agoenk, kura2 saya sepertinya bukan bertipe pemalu dech karena apabila dia sedang berjemur di pinggiran kolam dia akan bersikap cuek2 aja kalau saya hampiri, paling matanya hanya berkedip2 doank melihat saya dan dia sering jalan2 di sekitar halaman rumah saya kalau dia merasa bosan di kolam
    Dan saking ga punya malu itu kura, setiap saya lupa ngasih makan dia selalu jalan sendiri ke dapur menghampiri ibu saya yang sedang memasak (mungkin dia mencium aroma masakan sekaligus mengingatkan ke penghuni rumah kalo dia belum dikasIh makan).
    naasnya apabila diceritakan diatas bahwa kura2 brazil suka memakan binatang yang lainnya, kura2 yang saya mati karena dimakan SEMUT, ko bisa?
    iy soalnya pada suatu saat dia pernah berjemur terlalu lama dan tidak menyadari ternyata semut2 kecil mencium aroma tubuhya yg amis lalu memakan dan memasuki setiap bagian tubuhnya hikz..hikz..(jadi inget lg ama kura2 saya), apakah mungkin ini karena sifat dia sendiri yg terlalu cuek?hanya Tuhan yg tau….
    eh maap saya jd curhat di blog orang
    buat teman2 yg tau merawat kura yg baik n benar tolong email ke gw ya t_some19@yahoo.com

  37. aQ baRu aj smaLem bLi 2 eKor kuRa2 bRaZiL,,tp yg saTu kok g mau makan yah??????
    fiLLing Q sih da muLai ga enak nih,,,kYknya mau maTi gTu,,tp jGn samPe Lh….
    oy,,kaLo ada yg tau,seBenarnya kaLo kuRa2 iTu makaNan nY seLain peLet apa yah???
    toLong e-maiL ke aQ yah….
    oyi_harajuku@yahoo.com
    teng’s biFor

  38. Salam kenal mas Ryo!
    Btw, saya punya tuh kura2, dikasi pakde waktu saya baru lahir. skarang umur tuh kura2 udah ampe 18 tahun. ukurannya 20an CM, badannya udah jadi item, kbanyakan berjemur.
    Makan? pelet aja dah cukup seh.. tapi dia paling doyan sama yang namanya ikan mati, mao kecil ato gede dari badannya. daging ayam, kulit ayam, sampe nasi pun dimakan. waktu kecil paling suka ama kulit roti tawar yang kuning.. btw dia juga suka jambu, sama sawi putih..
    Sayang dia gak ada pendamping idup.. 🙁 kasian jadi perawan tua..

  39. aku juga punya kura2 kyk itu dirumah,aku beli 1 aja. posisi aku disurabaya.
    akhir2 ini kura2ku pemurung, makan gak mau,pelet jg gak mau, sayur gak mau juga…
    ditaruh dikolam malah terbalik, kayak mabuk. ditaruh ditempat kering cuma kedip2 aja….
    emangnya sakit apa yaaa…..
    please help me at yoabu@ymail.com

  40. uwiy.
    sakit kangen kampung halaman.
    hihi
    ada tanda2 laen ga yo??
    aernya di kasih metylin blue aja.
    kura2 cha dah sembuh loh.
    kmaren cha kasih terapi metylin blue sama garam ikan :DD
    mata yg bengkak cha kasih garamycin salep.
    sekarang dy dah mw makan loh.
    ^^
    Lincah banget !!

  41. wah, “kura2 berkuping merah” punyaku malah lebih guede lagi om… tapi ditaronya di wadah khusus, ga dicampur sama ikan…

  42. Dulu aku jg pnya kura brjmlh 4 .Namanya rafael,donatello,michelangelo dan leonardo.Tp skrg gk tau kmana semuanya kabur dr rmh trs jd tmnt(kura 2 ninja)

    • sama donk.. yg punyaku juga kabur dr rumah tapi ga jadi kura2 ninja yah.. hufft kangen deh sama dia.. bedanya lagi yg punyaku cuma 1 ekor..

  43. yah si om,dri mana aja s
    bukan salah kaprah itu mah,itu nama populer ajah,kacian kan anak kecil yg gak bisa bahasa inggris,pengen bli jadi susah ngmngnya,kura ambon jg gak di ambon doang kan,ato kura matahari krn bntkny doang
    oh ia gw jg pnya kura
    2 ambon 2 ceper 1 matahari 1 pipiputih 5 brazil
    sma dah ukura diatas 20
    salam pencinta kura………….

  44. Wah,,
    Kura” brazil kupingx merah”
    Klu kura” yg kuping putih itu apa,,
    Trs ko makanx susah ya,,

  45. hai….. saya juga puny 2 kura2 brasil kuping merah1
    btw,cara bedain kura2 jantan n betina tu gimana ya….?
    Q juga mau dunk dikaih kuping merahnya….:)

  46. saya juga puny tapi bkn kuya brazil tempurung nya lumayan gede n ga suka diam di air, tapi aneh nya dia sukanya makan yang aku makan… apa dan kenapa ya?

  47. dulu waktu kecil punya juga kura-kura,,
    tapi waktu dilepas, dia malah kabur. itu juga baru beberaapa hari aja.
    sebenernya kua-kura ini, harganya 20ribuan gitu, lebih suka diem di aer ato darat ya? soalnya punyaku tuh, baru beli, disatuin di akuarium, dan, terus-terusan ngambang, dia gak mau nyelam,
    apa gak apa2 tuh tetep ditaro di akuarium barengan ama ikan lain?
    temen2 jawab ya,
    makasih,,

  48. kura kura …yach…I_I kalo aku sih, kura kuranya juga ad 2 yang betina n’ yang jantan namanya tartu n’ tarti , tapi kok yang penakut malah yang jantan ya… terus dia juga udah jarang mau makan peletnya , padahal dulu dia yang paling rakus ….kalo kura kura yang masih kecil apa sudah bisa makan dedaunan?
    oh,ya ada sedikit tips neh bwat ngurus kura kura:
    1 kura kura harus sering di jemur agar tempurung nye gk lunak
    2 kura kura harus sering dibebasin di tempat yang banyak rerumputannya dan tidak panas , agar dia tidak stress, tapi harus di awasi biar gk ilang
    3 kura kura harus sering berinteraksi dengan pemiliknya (tapi jangan berlebihan , nanti tau2nya malah dimainin lagi ..he..he.he..) contohnya seperti si’tarti dia jadi kao setiap ada aku pasti dia langsung berusaha jalan ke arahku
    4 air kura kura harus sering diganti , nanti dia isa2 sakit kulit kalo airnya gk pernah di ganti ^_^
    udah yach, sekian , wassalam

  49. saya punya juga kura2 gitu, tapi dikasih makan kok ga mau ya??
    gw minta caranya dong klo da tips buat memelihara hewan ntu, soalnya kemaren gw beli dengan cewe gw kura2, taunya 2 hari kemudian mati.
    memang air dalam aquarium saya genangin tanpa karang. trimakasih. klo ada info kirim ke email saya ini ya, makasih (ismoyo_agung@ymail.com)

  50. Informasi yang menarik. Untuk yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kura-kura Brazil atau berbagi pengalaman tentangnya, silahkan bergabung di Forum Pencinta Kura-kura Brazil
    —————————————
    Gabung yuk di Forum Pencinta Kura-kura Brazil
    http://www.kurabrazil.info

  51. Saya sudah memelihara kura-kura Brazil dari 12 Tahun yang lalu,… Saya membelinya 2ekor berusia 3Bulan…… 2ekor meninggal karena penyakit dan karena gigitan temannya.
    Sekarang 2ekor sisanya sudah bertelur hingga 5kali… entah berapa banyak telur yang tidak jadi>.<
    Bahkan sempat ada orang yang menawar kura-kura saya seharga 3,5Juta sepasang. Padahal dulu beli 1 ekor 20rb.

    • Sapa yang berniat bantuin untuk kembangbiakkan kura-kura.. saya punya 2 usianya sekitar 5 bulan

  52. mas, saya punya 3 ekor yg kaya gambar paling atas. saya mo th, gimana cara membedakan jantan dan betina?trzu gimana caranya agar bisa bertelor?

    • dari ukurannya bisa kelihatan koq,,
      aq ada 2, yg cowo ukurannya lebi kecil dari yang cewe,,
      klo bsa betelur mungkin buatin 1 kandang yang besar, trus dikasi air sama pasir (dulu mereka q taro d halaman bisa nelur, tp telurnya dimakan tikus T.T)

  53. Saya juga punya tuh 2 ekor kura2 Brasil, sudah aku pelihara sekitar 10 tahunan. Memang kura2ku itu termasuk ganas, suka makan daging mentah, malahan suka aku kasih makan kacoak, jangkrik, belalang, lalat, cicak dll. juga kadang2 aku kasih makan makanan ikan yang bulet2 kecil2 (palet). Sekarang harus dipisah karena kalau dicampur saling gigit.

  54. klo yg warna kupingnya oranye jenis app yya??kura2 biasa??
    plis jwbny…aku penasaran ama jns kura-kuraku…maklumlah…baru 1/2 bln melihara kura2…blm terlalu ngerti ttg kura2…hhe 😀

  55. wahhh…
    keren na..
    gw jg baru melihara kura-kura lagi nih, namanya gael garcia bernald…
    gw pernah punya kura2 sblumnya, dia udah hampir 4 tahunan lah, tapi sayang dia kaburrrr…..

  56. hi..
    i just bought a turtle..
    a green turtle..
    i.m not sure yet bout their species and gender..
    that is why i’m looking 4 any info about turtle..
    then i found this page..
    thanks a lot coz i got to know my turtle species..
    still looking 4 any info in rearing turtle..
    hope u guys can help me..

  57. wah.. nice inpo.. thx.. 🙂
    aku juga punya res 1ekor.. tp cangkangnya yg d bag ujung2 kok rada tipis gt yah? jarang kena matahari sih n dkasi makan sayur doank.. dia nda suka makan ikan, sukanya udang, tp jarang banget kasi makan udang ke dia, jadi amis sih kalo habis makan udang..
    pengen beli lagi 1 ah buat nemenin dia, kata org kalo sendirian gt bs jd cpt mati..

  58. kura2 ak umurY ud 3 taunan,,
    ak punya sepasng,,ud bertelur 2x,,
    jarakY ga trlalu jauh,,ling beda 3 minggu,,
    jumlah semua telr ad 22,,tp gda yg mnetas,,gmana c cra ngurus telurY???
    ak nyimpen telurY tu d toples yg lumayn bsar,,ak masukin d aquarium,,ku simpen d tmpatt yg kna mtahari,,tp gda yg mnetas,,syang bgt..

  59. Aku juga punya 1 kura-kura Brazil ini, dia dah berumur 3 tahunan, panjangnya kira-kira dahn hampir 20 cm, walaupun aku cuma pelihara satu ekor tapi dia dah bertelur.. telurnya aku simpan di lemari es, habis bingung mau diapain, maunya ditetasin tapi gak tau caranya..kata orang sih dimasukin ke dalam pasir aja… terus didiamin,… ampe sekarang aku belum coba abisnya aku bingung…peke pasir apa>? pasir biasa ato pasir pantai…???

  60. yang kuranya mau di kasihkan silahkan, saya menerima dengan lapang dada. atau mau di jual ke saya juga ga apapa. asal jangan lebih dari 100 ribu.

  61. Ikutan komen ah….
    sy juga punya kura2 3, syukurnya… udah bertelur 2x yg pertama berhasil netes kira2 16 ekor… tapi byk juga yg ga berhasil netes karena busuk telurnya… skrg bertelur lg udh netes 12 ekor… pi msh ada telurnya sekitar 19 lg…. dri sebagian yg berhasil netes, sy sndiri yang sobek kulit telurnya… yang sy mau tanya gmn crnya biar telurny netes sendiri??

  62. ada yang punya foto kura2 jantan dan betina (perbedaanya) aku punya 5ekor kura2 brazil yang paling kecil ukuran tempurung 18cm dan berat 1kg sedangkan yang besar 21cm dan berat 1.4 kg….tetapi ndak tau jenis kelaminnya mana yg jantan dan betina. sms ke 085727583499 kalau mau lihat kura2ku lihat di FB “Liu Tunk gaul”

  63. Sy g begitu ngerti tntang kura2 tpi pas lht ada kura2 yg kata pnjual’a kura2 brazil d jual d Carefour jdi pingin beli n skrg sy sdh pelihara 4 ekor d rmh.

  64. mas, kura-kurany bisa dikirimke aku. tapi aku tak beli loh. Bila mau kasih aku dg sukarela, ini no. HP ku
    081338566810
    aku mau pelihara. mudah2an bisa bertelur. aku punya dua yg sdh besar dan mau aku biakkan.
    makasih ya. kutunggu serius nih

  65. sy puny 3 yg 2 kura2 BRAZIL & yg satuny lagi tuch Black Turtle
    gw uda pelihgara 3 tahun dan diameter ny mencapai 11 cm.
    masalahny gimna ngebedain yg jantan & yg BETINA?????

  66. saya punya kura-kura brazil betina namanya Bona. waktu itu saya punya sepasang tapi yg jantan mati. pas saya carikan pasangan lagi, pasangannya barunya mati juga.. mangkanya sekarang gak saya carikan pasangan lagi. takut mati lagi 😛
    katanya kalo bedain yang jantang dan betina itu dilihat dari bagian perutnya.. kalau datar berarti betina, kalo cekung brarti jantan. katanya sih bentuk perutnya itu untuk proses perkawinan.. getow.. 😀

  67. hi… saya punya 1 kura-kura brazil umurnya mungkin sekarang 11 tahun… g tau jantan atau betina… pingin ak coba biakkan… klo ada yg berminat ngawinin kura2nya… boleh tuh…

  68. salam kenal…
    sya pux kura2 brazil kelamin betinanmanya ‘memes’…
    dan umurx umurnya ud hmpir 7 tahun saya sangat sayank sama memes…
    trus rumah saya perumahan atas air…
    dan kura2 brazil ini bisa hidup diair laut gk…
    low ada yang tau tolong di jawab yah…
    thankz….

  69. penghobby kura2 brazil gw juga tp udh 17 tahun dr kecil dulu galak tuh klo udh gedenya apa aja dimakan dri tikus,kecoa ,tokek,cicak,laba2,ikan arwana,louhan ,lele dsb, nasi, sayur apaun dilahapnya cuma gw bingung tuh kura2 gedenya kpan lama banget btw ukuran kura2 gw skrg 80cm.. gw pngen punya kura2 yg bisa gw dudukin kyk di film2 kunfu gitu..

  70. gan tanya dong, saya punya kura2 dua sekitar 12cm baru kemaren dikasi sama ponakan, yang tipe red kayakny atau apalah katanya si kura2 brazil. perlu dipotong kuku gak gan?, soalnya panjang2 kukunya, terus bedain ce sama co gmn ya? makasi. mohon infonya, ato gak hub via FB ane aja ya.

  71. Hai bro/sis semua . . .
    Aku hobi miara binatang. Ada kelinci, hamster, guineapig, musang/luwak, tawon, bajing/tupai dan aneka burung. Oh ya ayam lagi (kelupaan pdhal tiap hari goreng telurnya).
    Kalau ada yg berniat menghibahkan hewan peliharaan, hubungi aku sj. Dengan senang hati aku terima. Yg jelas nantinya pasti terawat. Jngan dikasihkan ke yg gak jls ketelatenannya. Kasian daripada nasibnya gak jelas.
    Makasih sebelumnya.
    emailku : hamipanda@gmail.com

  72. Aq hari ini baru beli kura2 kuping merah. Tp d taro d depan rumah m nyokap, trus raib entah kemana. Padahal kotak tempat naro kura2 itu sama sekali g jatoh (kebalik). Trus tempat minumNa jg jatoh k bawah (entah gmn carana mereka keluar). Aq pengen miara kura2 kna bwt tmn d kosan. Soalna kura2 bisa d pegang2. Hehehehe…..
    Klw mw ksi kura2, bwt aq j. Sekalian ajarin cara ngrawatNa. Hehehe….
    Btw, yang bener ntu, kura2 ini d taro d air ap justru tempatna harus kering (tapi d sediain tempat utk minum dan mandi)?? Mw sharing dunk….

  73. tadi siang saya beli sepasang kura2 brazil trus langsung saya tatuh ditoples berisikan air yg hampir penuh tp kok ngga mau makan,kira2 kenapa ya??saya ngga mau dia jadi sakit…
    tolong kasih jawaban saya di
    FB : dina labudda hablil
    email : dilla_206@yahoo.com
    thanks yaa..

  74. aq punya dua kura2..belinya sekitar 3 tahun lalu..belinya gak sama2 selisih sekitar 3 bulan.. tapi sekarang yang pertama dibeli ukurannya 2 kali lebih besar dari yang kedua..
    sepertinya yang besar itu betina n yang kecil jantan. soalnya yg jantan itu kuku kaki depannya panjaaang banget. dlu pernah aq coba potongin kukunya..ternyata berbahaya..karena bgian dalam kukunya itu ada dagingnya..darahnya banyak bgt..sempat panik banget (pake nangis n nyesal)
    untungnya kedua kura-kuraq selamat….
    caranya, selama kurang lebih seminggu aq tempatkan di tempat kering n sesering mungkin aq kasih obat luka beta*ine..klo waktu makan aja aq cemplungin ke air..habis makan,cepat2 dkeringkan kembali n diobatin lagi..
    sekarang kuku2nya udah tumbuh normal lagi n keduanya tumbuh sehat n lonjak2 didalam akuariumnya tiap kali aq datangin…hffff…lega..
    buat teman2 yg baru punya kura2, jangan ulangi kebodohanq ya…:D

  75. saya punya kura-kura 2 ekor,,,sdh 4 tahun lebih saya pelihara.cm uniknya,,kura-kura saya memiliki cangkang yg terbalik seperti parabola..alias tdk menutup ke bwh.
    sementara yg seekor lagi,normal.
    jelas itu adalah kura-kura yg unik dan tdk akan di temukan dmn pun.
    saya berniat mau menjualnya dgn harga 50 juta bisa nego..bagi siapa yg berminat,,hubungi saya.
    no hp saya,081263822732/087892361501
    atau kirim via email,rezaarthacarika@yahoo.com
    thankz,

  76. baru dibeliin ibu nih kura-kura hijau/eared hhe .
    msh kecil, tp syg stlh cari2 info kyaknya yg 1nya sakit deh :'(

  77. Makasi buat info nya. Baru mau beli kura2 brasil ni buat di kolam. Dulu pernah punya, tapi dipelihara di akuarium dan di kasih tmpt buat berjemur. Tapi karena akhirnya jadi terlalu besar akhirnya dikasih ke orang. Sekarang ingin pelihara lagi karena sudah buat kolam yg cukup besar buat tempat tinggalnya 🙂

  78. Saya dulu piara kuya lokal Amboina Box Turtle pas masih SMP. Sayang mati gara2 diserang tikus! Padahal mrk bisa dibikin jinak. Jadi saya mulai kenalan sama Red Ear Slider yg ternyata galak dan ga bisa disayang2. Herannya kuya agresif ini justru yang paling populer dimana2. Padahal menurut saya kurang cocok dijadiin pet. Bisa ngegigit jari anak2 dan bgt dewasa red ear slider ini sangat agresif.
    Kabarnya banyak org yg ngelepas kuya ini ke alam liar krn ga mo ngurus lg atau utk kegiatan spiritual. Padahal kuya ini bisa jadi invading species lho…
    Dulu kuya lokal amboina dijual cuma 20.000, skrg paling mahal bs sampe 10-20x lipet. Statusnya pun denger2 udah vulnerable.

  79. bagaimana cara memelihara kura2 tsb,sehingga kuat hidup, apakah ada tips tertentu.?.aku udah pelihara 4 tpi tahun kemarin mati,

  80. kura” saya udah 28 tahun, pnjang nya kira”35 cm.. tu kura” dah turun temurun dari kakak sepupu.. wkwkwk ..

    • oia, tuh kura” gk pernah di lepas, di taroh di bak trus, isinya air smua .. dan klo di ksih mkan sayur kok gk mw yaa?

  81. mau tanya kan kura” ku yang bertelur tapi kok dimakan ya? padahal aku cuma punya 1 kura” ga tau jantan atau betina.. tapi telurnya dimakan sama induknya.. terus skrang bertelur 1 lagi dah aku pisah + aku pendam dalam tanah? tanah yang bagus itu yg seperti apa ya? makasih 😀

  82. mau tanya kan kura” ku yang bertelur tapi kok dimakan ya? padahal aku cuma punya 1 kura” ga tau jantan atau betina.. tapi telurnya dimakan sama induknya.. terus skrang bertelur 1 lagi dah aku pisah + aku pendam dalam tanah? tanah yang bagus itu yg seperti apa ya? makasih 😀

  83. Msh ada res nya,gan?buat sy aja.sy suka kura2.kura2 res sy ada 2,ukuran 20cm,cst 1 ukuran 20,emys uk 30.boleh ga sy ambil?txu

  84. Waah mas, berniat buat diwarisin tuhh hhehe saya punya satu ukurannya udh nyampe 10cm lebihh tapi jantan mas, saya lagi cari betinanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *