review Oppo Find 5, ponsel pintar Cina yang stylish


Oppo Digital adalah sebuah perusahaan manufaktur elektronik dari Dongguan, Guangdong, Cina. Produk flagship-nya adalah Oppo Find 5, yang saat dirilis bulan Februari 2013 meraih berbagai pencapaian pertama:

  • ponsel pintar Android pertama dengan layar 5″ IPS resolusi Full HD 1080p alias 1080 x 1920 piksel dengan 16 juta warna
  • ponsel pintar pertama yang menggunakan teknologi hardware HDR (high dynamic range)
  • ponsel pintar pertama dengan PPI (pixel per inch) tertinggi, 441 ppi, jauh meninggalkan retina display yang cuma 326 ppi

kotak Oppo Find 5
Dimensi ponsel pintar ini adalah 141.8 x 68.8 x 8.86 mm dengan berat 165 gram. Anehnya ketika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note II yang berukuran lebih besar, Find 5 ini terasa sekilas lebih berat, dan ternyata ini tidak benar, seharusnya Note II lebih berat di 183 gram. Kemungkinan dimensi Note II yang berukuran 5.5″ serta terbuat dari plastik membuatnya seolah lebih ringan ketimbang Find 5.

Find 5 ini ditenagai oleh CPU Quad-core 1.5 GHz Krait dengan chipset Qualcomm APQ8064 Snapdragon, dan untuk grafis menggunakan GPU Adreno 320. RAM 2 GB membuat sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean berjalan dengan mulus, dan tersedia pilihan 16 GB atau 32 GB untuk media penyimpanan internal. Sensor yang tersedia antara lain accelerometer, gyro, kompas elektronik, proximity sensor sehingga bisa menjawab panggilan masuk dengan hanya mendekatkan ponsel ke telinga. Untuk menentukan lokasi dengan presisi Find 5 dilengkapi dengan A-GPS, sayangnya belum mendukung GLONASS. Seorang member milis id-android, Indra D. Kusuma, menginformasikan seharusnya chipset Qualcomm yang dipakai sudah mendukung GLONASS, dan ternyata setelah saya uji dengan aplikasi GPS Test, memang benar satelit GLONASS terdeteksi.

  1. Oppo Find 5
  2. Desain
  3. Kerapatan Layar
  4. Pemakaian Sehari-hari
  5. Benchmark
  6. Foto & Video
  7. Kesimpulan
  8. Galeri
, ,

12 responses to “review Oppo Find 5, ponsel pintar Cina yang stylish”

  1. Ane coba Lenovo dan Mito, walau punya GPS, tapi mereka tidak punya kompas yang bisa diakses oleh aplikasi umum atau entah bagaimana, API mereka buat kompas rada beda. Akibatnya program macem Muslim Pro, Qibla, dll tidak jalan untuk menemukan Qiblat. Waktu ane coba juga pakai StreetDirectory.com buat mapping jalan di Singapore, juga ndak jalan orientasi mapnya kalo ponselnya diputer puter. Bisa tolong cobain ini di HP ini? Problem kompas ini bisa ketemu di Google “Lenovo compass problem”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *