tuxpaint dan supertux


bagi yang punya anak berumur sekitar 3 tahun atau lebih dan ingin mencari aplikasi opensource yang cocok bagi mereka, saya bisa menyebutkan dua: Tux Paint dan SuperTux.

tuxpaint

Tux Paint adalah aplikasi untuk menggambar yang sangat mudah dipergunakan, sehingga bisa dipergunakan untuk anak berumur mulai dari 3 tahun. kelebihan dari Tux Paint ini antara lain:

  • sudah tersedia koleksi stempel lengkap dengan penjelasannya, serta beberapa di antaranya sudah dilengkapi dengan efek suara.
  • sudah di-internasionalisasi, sehingga menu ikon bisa ditampilkan dengan bahasa indonesia. sayang paket stempel yang tersedia penjelasannya hanya dalam bahasa inggris, dan belum dalam bahasa indonesia, meskipun sepertinya bisa dengan mudah kita ubah sendiri.
  • paket terkompilasinya tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, seperti windows, linux dan mac os x. ini sangat mempermudah instalasi, hampir di setiap komputer yang saya pakai saya lakukan instalasi Tux Paint ini.

SuperTux adalah aplikasi permainan dua dimensi side-scroller (berjalan secara horisontal ke kanan) yang terinspirasi oleh permainan Super Mario buatan Nintendo. SuperTux sangat mudah dimainkan, hanya perlu tombol ke kiri, lompat, ke kanan, menunduk, dan menembak / lari. keunggulan SuperTux yang lain adalah mampu memanfaatkan OpenGL, sehingga proses grafisnya lebih gegas. dan juga seperti umumnya aplikasi opensource, banyak yang sudah menyediakan paket terkompilasinya dalam berbagai sistem operasi, seperti windows, linux dan mac os x, dan sebagai bonus, juga tersedia untuk Sony PSP dan BeOS. khusus untuk versi PSP, harap berhati-hati karena ada dua versi, salah satunya menambahkan efek cipratan darah ketika tokohnya mati, tentunya tidak cocok untuk konsumsi anak kecil.

, ,

2 responses to “tuxpaint dan supertux”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *