perbandingan pengguna facebook di indonesia, australia dan turki


berdasarkan statistik demografi facebook, jumlah anggota facebook sampai dengan tanggal 15 maret 2009 yang berasal dari indonesia adalah 1.446.320 orang, dari australia adalah 4.807.460 orang, dan dari turki adalah 8.899.800 orang.
facebook-demography
sekarang coba kita lihat dari peringkat kunjungan situs facebook berdasarkan negara dari alexa. indonesia berada di peringkat ke 6, turki ke 8, dan australia ke 11.

terlihat walaupun pengguna facebook dari indonesia lebih sedikit daripada australia dan bahkan turki, namun pengguna facebook dari indonesia jauh lebih aktif ketimbang australia dan turki. apakah ini menunjukkan bahwa memang kebanyakan anggota facebook dari indonesia tidak punya pekerjaan? 😀
ini adalah statistik aslinya:
[clearspring_widget title=”AllFacebook.com Demographic Stats” wid=”49487c157da35b0b” pid=”49d8fdfea3679f45″ width=”520″ height=”400″ domain=”widgets.clearspring.com”]

UPDATE

karena menurut bapak quicklinker indonesia alexa itu so tahun 2000, mari kita cek via google trends, apakah hasil statistiknya berbeda:

ternyata memang berbeda, peringkatnya bergeser naik, indonesia jadi naik peringkat ke 4, turki ke 6, dan australia ke 8. alasan saya memilih turki dan australia adalah memilih secara acak negara yang akses ke facebook-nya lebih kecil namun jumlah anggota facebook-nya lebih banyak. jadi australia dan turki bisa saja digantikan dengan negara lain dengan kondisi yang sama, misalnya kanada dan perancis:

terlihat penduduk kanada yang aktif di facebook berjumlah 11.303.280 orang, sementara penduduk perancis berjumlah 7.773.980 orang, namun dari segi peringkat akses ke facebook menurut google trends, indonesia tetap berada di peringkat lebih tinggi ketimbang kanada yang berada di urutan ke 5, dan perancis yang berada di urutan ke 7.
jika indonesia dihilangkan dari statistik, maka peringkat dari 4 negara adalah:

  peringkat jumlah pengguna     peringkat jumlah akses  
  1. kanada
  2. turki
  3. perancis
  4. australia
  1. kanada
  2. turki
  3. perancis
  4. australia

tapi begitu indonesia dimasukkan, dari segi jumlah penduduk yang aktif menggunakan facebook indonesia berada di peringkat paling rendah di antara 5 negara, namun dari segi banyaknya akses (berdasarkan google trends) indonesia berada di tingkat paling tinggi di antara 5 negara:

  peringkat jumlah pengguna     peringkat jumlah akses  
  1. kanada
  2. turki
  3. perancis
  4. australia
  5. indonesia
  1. indonesia
  2. kanada
  3. turki
  4. perancis
  5. australia

jadi kesimpulannya, penduduk indonesia jauh lebih aktif ketimbang penduduk kanada, perancis, turki dan australia dalam mengakses dan memanfaatkan facebook.

, ,

23 responses to “perbandingan pengguna facebook di indonesia, australia dan turki”

  1. penghuni kampung gajah “hanya” ratusan saja, tapi trafiknya gila. ya itu juga bukti, orang indonesia itu multimedia banget.
    *kerja sambil plurk sambil facebook sambil ngejunk sambil curhat sambil chating sambil ngupil*
    nah, multimedia ini buruk atau bagus buat perusahaan/lembaga tempat dia bekerja, gak tau saya hihihi

  2. Lucu ya statistik Facebook. Garisnya datar2 aja; tapi mendadak di akhir Maret dia memberikan data jumlah account Indonesia sebesar 2.3 juta.
    Sempat kaget, karena baru beberapa hari sebelumnya aku bilang ke rekan yang mau presentasi, bahwa account Facebook orang Indonesia sebesar 1.3 juta.
    @Enda: Ngikutin Google Trends mah, sebagian besar trafik seolah2 datang dari Jawa Barat 😀

  3. […] ryosaeba placed an interesting blog post on perbandingan pengguna facebook di indonesia, australia dan turki …Here’s a brief overviewberdasarkan statistik demografi facebook, jumlah anggota facebook sampai dengan tanggal 15 maret 2009 yang berasal dari indonesia adalah 1.446.320 orang, dari australia adalah 4.807.460 orang, dan dari turki adalah 8.899.800 orang. … […]

  4. itu karena turki banyak tersebar warganya di negara lain
    pas gw pergi haji kemaren, mayoritas didominasi oleh orang turki, mereka datang dari penjuru dunia

    • err, kalau argumennya begitu, berarti kata “turki” bisa langsung digantikan dengan 3 nama negara lain itu dong, seperti kanada, perancis dan australia. contoh: “itu karena australia banyak tersebar warganya di negara lain”. lebih banyak mana warganya yang tersebar di negara lain, indonesia atau australia?

  5. Kerja dunk…
    Siapa bilang kalo facebook-an terus ga kerja?
    siapa yang bilang!!
    Orang kalo fecebuukan ntu juga kerja lho…
    Kerjaannya mencetin mouse” ^0^ xixixixixixi…….
    Semoga FB membawa dampak positif di Indonesia tarcinta..
    ni, ak lagi buka FB…
    (^_^)”

  6. mantap!
    mungkin juga, mmg bnyak orang Indonesia yg gak ada kerjaan…
    ato malah sebaliknya, menjadi fesbuker sbg alat pendukung profesi dan pekerjaan..
    heheheh…

  7. kadang FB hanya dipakai untuk nyari seseorang yang dah lama loss contact. Tapi lama2 kok teman2 malah ketagihan ya. Satiap kejadian sehari2 yang kadang gak penting malah sering diposting lewat FB. Mungkin gak harus mikir lama kayak buat postingan di blog kali ya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *